Pusat Produsen Tas Custom Indonesia

Berkreasi Dengan Desain Sendiri Tas Custom, Goodie Bag, Tas Seminar & Berbagai Kebutuhan Lainnya

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi | Bahan | Langkah Pembuatan

cara membuat tas dari bungkus kopi

Assalamu’alaikum gaes.. Kembali lagi kita mengulas tentang kerajinan tangan, karena coba kita fikirkan apa yang bakalan terjadi jika teramat banyak benda-benda yang tak ternilai, menjadi sesuatu yang sangat berguna. Tidak usah terlalu jauh mencari contoh, mari kita berkreasi dengan bungkus kopi. Nah, bungkus kopi ini akan kita sulap menjadi tas. Lah, bagaimana caranya? Mari kita telusuri lebih dalam cara membuat tas dari bungkus kopi bekas.

Hal ini teispirasi saat saya nongkrong diwarung kopi, yang terbilang itu sangat sering dikunjungi para anak muda dan orang tua yang ada di tengah kota. Ketika itu, saat hendak memesan kopi hitam favorit saya. Si karyawan ini sedang mengguntingi bungkus nutrisari, dari gunting-menggunting saya mulai berfikir “mungkin bisa berkreasi dengan bungkus kopi”. Tapi enaknya akan dibuat apa ya?

Berikut sedikit cerminan tutorialnya:

Setelah searching di Google barulah saya menemukan inspirasi bungkus kopi di rajut menjadi tas cantik. Mungkin agak membingungkan sebelum memulai kreasi kita mari simak lebih lanjut tutorial membuat tas dari bungkus kopi berikut ini:

Cara membuat Tas Dari Bungkus Kopi

Yah, banyak sekali orang menikmati waktu senggang maupun sibuknya menyempatkan untuk menikmati secangkir kopi hitam, entah itu kopi hasil dari panennya sendiri atau dari membelinya diwarung terdekat. Lalu tak sedikit sampah bungkus kopi yang terbuang begitu saja tanpa ada yang mengira bisa menjadi sesuatu yang menarik.

Sepintas sampah bungkus kopi tersebut tidak bernilai bagi kebanyakan orang, namun banyak lho, jika kita sedikit membuka batin imajinasi kita untuk berkreasi dengan bungkus kopi yang tak ada harganya tersebut.

Namun bagi mereka yang mengerti dan peduli terhadap lingkungan, sampah ini akan menjadi sesuatu yaang bermanfaat dengan didaur ulang menjadi tas, dompet, gelang, pakaian dan lainnya. Hitung-hitung mengurangi volume sampah plus menanamkan program Go Green dimulai dari diri sendiri.

Bahan Dasar Cara membuat Tas

Selain bungkus kopi yang menjadi bahan utama, tentu kita juga membutuhkan beberapa bahan dan alat pendukung untuk menyulap bungkus kopi menjadi tas plastik. Mari kita siapkan bahan & alatnya terlebih dahulu:

  • Bungkus Kopi saset sebanyak-banyaknya.
  • Gunting.
  • Jarum.
  • Benang jahit.
  • Furing (kain polos).
  • Penggaris.
  • Risleting/kancing baju.

Langkah-langkah Membuat Tas

1.Pertama bersihkan semua bungkus kopi dari sisa-sisa gula maupun bubuk kopi yang masih melekat.

(cara ini anda bisa berinisiatif dengan cara melakukan dari langkah kedua terlebih dahulu atau sesuai dengan kreatif anda membersihkan sisa-sisa kopi ):)Kemudian Buang kedua bagian bawah & atasnya sehingga kedua sisi terbuka.

2. Setelah itu gunting lagi bungkus kopi yang sudah terbelah, sehingga menjadi dua bagian.

cara membuat tas dari bungkus kopi

3. Mulailah melipat bungkus kopi yang telah terpotong, satu demi satu Bisa dengan melipat hingga terlihat bagian dalam bungkus kopi yang berwarna perak. Bisa juga dengan membiarkan sampul bungkus terlihat jelas.

4. Selanjutnya lipat salah satu ujung sisi kira-kira 1 cm ke dalam. Jadi bungkus kopi kapal apai yang tadinya 10 bungkus akan menjadi 20 bungkus.

cara membuat tas dari bungkus kopi

5. Selanjutnya mulailah menganyam bungkus kopi satu demi satu hingga terlihat bentuk anyaman mirip ketupat seperti yang terlihat dibawah ini.

(Jika tidak juga mirip dengan ketupat cobalah ulangi tahap ini dengan betul-betul teliti sampai akhirnya mendapatkan bentuk anyaman seperti gambar dibawah ini)

6. Singkat waktu, setelah sekian banyak bahan ayaman bungkus kopi yang telah dikumpulkan, maka langkah selanjutnya menggabungkan hasil anyaman menjadi bentuk tas cantik. *Hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah, tapi jika teliti tidak akan mengakibatkan sebuah kecelakaan.

cara membuat tas dari bungkus kopi

7. Perlu diperhatikan untuk membentuk sudut vertikal kebagian atas supaya dapat dibuat menjadi anyaman mengarah keatas. Step ini wajib dilakukan karena jika tidakm anyaman hanya berbentuk tidak datar saja dan hasil tas juga tidak akan cantik.

8. Ketika anyaman sudah dikira cukup dengan panjang dan lebarnya ukuran tas anda, maka langkah selajutnya ialah untuk mencukupi membuat anyaman.

9. Lalu kita lapisi bagian dalamnya dengan kain furing yang telah kita sediakan tadi, karena tas yang terbuat dari bungkus kopi itu tidak akan terlalu kuat untuk memuat atau mengangkat beban yang agak berat.

10 Kemudian buatlah tali atau bisa dengan menggunakan tali tas bekas yang sudah tak memiliki body. Dan menjahitnya dengan jarum dan benang jahit juga.

11. Nah! Jangan lupa untuk memberi tutup pada tas, sesuai selera sih, tapi mungkin kali ini kita akan menggunakan resleting saja.

* Bungkus kopi bisa menggunakan kopi saset merk lain seperti bungkus kopi luwak white coffe atau kapal api dll.

* Tutorial cara membuat tas dari bungkus kopi yang Indobag tulis kali ini bertujuan untuk mempercantik tas saja ya, bukan untuk membuat tas dari keseluruhan dari bahan bungkus kopi, adapun jika terdapat kreasi atau inovatif baru bisa dituliskan dalam komentar ya…

Tips Tas dari Bungkus Kopi Bekas

Ternyata tidak juga sulit kok membuat tas dari bungkus kopi bekas, hanya saja butuh dalam kesabaran dan ketelitian lebih untuk membuatnya. Adapun tips dan trik lain dalam pembuatan tas agar lebih cantik dan awet anda bisa simak ulasan berikut ini:

  • Anda bisa menambahkan pernak pernik seperti bros bunga atau rajutan pernik lainnya yang juga terbuat dari sisa potongan bungkus kopi.
  • Urutan dalam pembuatan tas dari Indobag mungkin agak membingungkan, jadi cobalah membuka nalar fikiran anda untuk membuat anyaman bungkus kopi yang baik seperti apa.
  • Jika sudah mahir dengan pembuatan tas maka selanjutnya anda juga bisa mengkombinasikan tas yang bolong atau membuat tas trobosan baru tas kulit dengan variasi anyaman dari bungkus kopi.
  • Selain itu kita juga tidak perlu peduli dengan warna yang monoton. Contoh: Tidak semua harus menggunakan bahan dari bungkus kopi luwak, karena bisa menggunakan variasi warna dengan bungkus kopi ABC yang memiliki warna berbeda, tinggal kita sesuaikan letak posisi warnanya.

Ternyata selain kita bisa membuat tas dari dari anyaman bungkus kopi, kita juga bisa banyak berkreasi membuat banyak kreasi lainnya seperti membuat dompet dari pembungkus kopi atau membuat cashing hp dengan anyaman lainnya. Oh ya kita selalu memberikan tutorial-tutorial seru yang dapat anda dapatkan ilmunya secara gratis lho..

Mungkin hanya segitu dulu tentang cara membuat tas dari bungkus kopi, cukup mudah bukan? Dan tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuatnya.
Atau kamu masih bingung untuk mendapatkan bungkus kopi sebanyak itu? Cobalah untuk keluar rumah dan pergi ke warung kopi sekitar kamu, ngopilah mungkin kamu bisa meminta bungkus kopi itu setelah para pembeli sudah sepi. *Tell story 😉

Niatkan pula untuk menjaga lingkungan sekitar kita agar menjadi pengurangan sampah plastik yang akan menyebabkan banyak efek negatif. Sekian & Thanks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.