Assalamualaikum pembacaku yang setia yang budiman dan beriman, selamat siang/ malem/ sore, sesuaikan ya sama waktu baca kalian heheheh seperti biasanya saya hadir untuk mengulas tentang cara membuat tas dari kain flanel dan segala pernak perniknya.

Kali ini yang menarik apa ya guys, masih bingung nih, Jadi ya, kita bahas tentang sesuatu yang berbau kain flanel tentunya juga cara membuat tas dari kain flanel, enggak sabar kan. Tapi harus tetep sabar dulu ya, karena kita akan kenalan dengan kain flanel sebelum kita masuk ke cara membuat tas dari kain flanel.

Apa Sih Kain Flanel itu?

Cara membuat Tas dari Kain Flanel

Bagi pecinta seni kriya, sudah enggak asing lagi dong dengan jenis kain yang satu ini, ya karena kain flanel sangat identik dengan pernak-pernik khas anak -anak, souvenir nikahan, souvenir wisuda bahkan sekarang sebagai bahan pembuatan boneka juga loh, dan semua uru dibuat handmade. Kreatif dan mempesona

Kain flanel itu terbuat dari apa sih, yang kaya gimana? Nah, dilansir dari wikipedia kain flanel atau felt merupakan jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat melalui proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. Keberagaman tekstur dan jenisnya juga tergantung seberapa lama dan bagaimana proses penguapan itu dilakukan.

Selain itu Kain flanel relatif murah dan dan sangat mudah dijumpai di pasaran, baik dipasaran online maupun offline dengan ketebalan dan tekstur yang beragam, sesuai dengan harganya ya kawan kawan, hehehe ada rupa ada harga.

Kalau masih bingung dengan kain flanel yang seperti apa, saya tambahkan nih sedikit cerita sejarahnya mungkin bisa kebayang. Atau yang penasaran sebelum kain flanel beken jadi bahan kesenian handmade, kain flanel digunakan buat apa sih, sabar kawan-kawan, mari kita check bersama sama.

Kain flanel merupakan jenis kain tua loh guys, bahkan lebih tua dari pada rajut dan kain tenun. Buktinya apa?  Ditemukan bekas penggunaan kain flanel yang diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM, wow 😳.  Jenis kain flanel yang bagaimana itu? Jenis terumit yang ditemukan dengan bentuk yang telah diawetkan pada tahun 600 M. It’s older than me, of course Heheheh.

Kapan Kain Flanel Digunakan untuk Kesenian?

Kota maju ke zaman yang lebih modern lagi, masih dari sumber yang sama Wikipedia tercinta, pada pertengahan abad 17 sampai 20, kain flanel dipergunakan untuk membuat topi bagi para pria.  Dan untuk penggunakaan nya jaman sekarang mengalami banyak perkembagan dong, masa cuma buat topi aja wkwkwk, kalian tau panel interior dalam industry otomotif? Lah disitulah kain flannel digunakan untuk mengurang getaranselain itu juga digunakan sebagai pelapis iano dan sambal dram supaya suara yang dihasilkan lebih jernih lagi. Dan banyak lagi fungsinya salah satunya sebagai bahan permadadi, pakaian tenda dan lain sebagainya.

Nih jawaban yang ditunggu-tunggu dari pertanyaan tadi sejak kapan dan dimana kain flannel pertama kali digunakan sebagai nahan mengkreasikan seni, baik pernak-pernik mainan anak-anak maupun sebagai bahan mereplika sesuatu? Kain flannel digunakan sebagai media berekspresi di dunia seni pertamakali dilakukan di Barat, karena kain mudah dibentuk menjadi apapun, baik berupa replica makana, binatang, buah-buahan dan lain sebagainya.

Selain bisa digunakan sebagai bahan untuk berseni, kain flannel juga bisa juga dong dipakek jadi alat bersih bersih heheh, buat kain lap bisa, membersihkan debu dn sejenisnya. Tapi kalo saya pribadi mending dipakek buat hal yang lebih berguna lagi kaya membuat tas, pouch dan sejenisnya. ya, tapi semua balik ke masing-masing orang sih, kan kebutuhan manusia beda beda heheh

Jenis-Jenis Kain Flanel

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel

Sebenarnya ada banyak sekali jenis kain flanel jika dilihat dari harganya, semua tergantung pada cara penjualnya, ada yang berdasarkan lebarmya, jenisnya dan sebagainya. Kalian bebas memilih dan banya tersedia toko sekitar rumah maupun platform belanja di gadget kalian.

Kain Flanel Bamboo

Jenis kain flanel ini masih cukup asing ditelinga kita karena masih cukup jarang dan susah juga ditemuan di Indonesia. Dengan harga sekitar $6 USD kita akan medapatkan kain selebar 51× 55 cm. Ya wajar sih kalu harganya segitu dan masih susah ditemukan di Indonesia karena bahan dasarnya sendiri sangat ramah lingkungan dan terbuat dari serat bamboo dan kayu alami sehingga sangat mudah terurai, eco friendly sekali heheh

Kain Flanel Wool

Jenis kain Flanel ini paling mahal loh diantara, jenis kain flanel yang lainnya. Harganya saja mencapai kisaran $20 USD atau kalau dirupiahkan saat ini mencapai Rp 328,720 Fantastic untuk harga kain selebar 90 cm. yang menyebabkan kain flanel wool ini mahal karena bahan dasarnya yang serratus persen dari wool, tebal dan lebih berserat. Wow wow wow saya speechless.

Kain Flanel Blend

Jenis kain flanel ini memiliki cukup banyak varian warna, harganya pun tidak semahal jenis kain flanel sebelumnya, kalian cukup merogoh kocek sebesar kurang lebih Rp.80,000 untuk mendapatkan kain seluas 15-30 cm, kecil sih tapi rela bagi-bagi hehehe. Masih lumayan mahal tapi lumayan jika dibandingkan dengan jenis-jenis sebelumnya kan. kain flanel blend terbuat dari dua unsur yakni wool dan rayon, sehingga tidak mudah melar. Mungkin itu kali ya yang membuat dia lumayan mahal. Maybe..

Kain Flanel Akrilik

Kali ini kita membasan tentang kain flanel yang bersahabat dengan kantong-kantong kita, harganya terlapau jauh lebih murah dari pada jenis kain sebelumnya cukup Rp22.000 sampai Rp20.000 kalian bisa mendapatkan kain selebar 100 × 96 cm. Menajupkan. Tapi ada rupa ada harga, kain flanel ini terbuat dari serat plastic. Jadi bisa disimpulkan begini, kalo kain flanelnya padet dan tebal maka kualitasnya bagus tapi mudah berbulu, sekali lagi ada rupa ada harga hehehe.

Kain Flanel Polyester

Satu jenis lagi kain yang bersahabat dikantong yakni kain flanel polyester, dengan harga kurang lebih Rp20.000 kalian sudah mendapatkan kain selebar 90 cm. sama halnya dengan jenis flanel akrilik akan tetapi tektur yang dimiliki polyester lebih licin dan mengkilap, meskipun tidak terlalu mengkilap hehehe

Sudah cukupkah penjelasannya? Singkat saja yak arena pembahasan inti kita bukan itu. Tapi cara membuat tas dari kain Flanel, bagaimana cara membuat tas dari kain flannel ini. Simak dan perhatikan baik-baik-baiknya penjelasan berikut ini:

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel

Cara membuat tas dari kain flanel

Alat dan Bahan Membuat Tas dari Kain Flanel

Sebelum memasuki cara membuat tas dari kain flanel, harus ada bahan dan alat yang perlu disiapkan, masa mau buat tas tapi enggak ada bahannya kan enggak lucu, jadi bahan dan alatnya sebagai berikut:

  • Siapkan kain flanel, ukurannya kita kira-kita dulu sesuai dengan ukiran tas yang kita inginkan. Jangan lupa warnanya juga sesuaikan dengan selera jangan sampai tidak selera nanti baru liat flanelnya malah jadi bad mood
  • Kertas, kalian biasa gunakan kertas jenis apa saja yang penting bisa digunakan untuk pola. Intinya kertasnya yang gede.
  • Gunting, cutter, dan sejenisnya
  • Pensil atau Spidol
  • Penggaris
  • Benang lengkap dengan jarumnya ya
  • Jarum pentul atau peniti.
  • Pengait dan rantai tas.
  • Manik-manik dan pita.
  • Dan terakhir lem.

Langkah-Langkah Cara Membuat Tas Dari Kain Flanel

Nah, setelah kita siapkan alat dan bahannya saatnya kita masuk ke pembahasan intinya ya cara membuat tas dari kain flanel, caranya sebenenernya hampir sama kaya cara membuat tas dari PU Leather. Bagaimana caranya let’s check:

  • Buat Pola tas yang kamu inginkan, kamu bisa membuat 4 jenis pola.
  • Pola pertama, kita gunakan sebagai bagian depan dan bagian belakang tas, kamu bisa mengukurnya dengan tinggi 17-20 cm dengan lebar 14-17 cm, semua tesuai selera ya
  • Pola kedua, digunakan sebagai dasar, dengan bentuk persegi panjang, lebar pola kedua ini kamu bisa sesuaikan dengan lebar tas pada pola pertama dengan lebar ± 1 ruas jari telunjuk
  • Pola ketiga, digunakan untuk bagian samping tas, karena digunakan untuk bagian samping tas maka tinggi pola ketiga ini disesuaikan dengan tinggi pola pertama dan lebarnya disamakan dengan pola kedua.
  • Pola keempat, digunakan sebagai pengait tas berbentuk persegi panjang kecil.
  • Pola kelima, kalian bentuk sesuai selera karena digunakan sebagai penitupnya saja.

Langkah Berikutnya

  • Potong kain flanel berdasarkan pola sketsa yang telah kalian buat sebelumnya. Pola 1 dua lembar, pola 2 lembar, pola ke-2 dua lembar, pola ke-4 empat lembar dan pola ke-5 satu lembar
  • Potong kain flanel sesuai dengan pola ya, yang rapi juga. Usahakan gunakan gunting supaya lebih rapi.
  • Kemudian rangkai dengan rapi dan jahit dengan rapi juga.
  • Kalian bisa menggunakan Teknik jahit apapun sesuai selera kalian masing-masing.
  • Cara membuat tas dari kain flanel selanjutnya adalah memasang penutup tas, jahit kain penitup tas dibagian belakang tas, sehingga tas bisa sempurna menutupi bagian atas tas.
  • Setelah itu, kaloan pasangkan maning-manik pita dan sejenisnya sesuai kreatifitas kalian untuk mempercantik tas.
  • Kalian bisa menambahkan kancing atau magnet untuk merekatkan penutup dengan bagaian depan tas.
  • Terakhit pasangkan pengait tas dan rantai, dan tas siap digunakan.

Nah selain membuat tas ada sedikit tambahan nih buat kalian, setelah tau cara membuat tas dari kain flanel gk afdhol banget kalo enggak ngasih tau cara membuat dompet dari kain flanel, jadi jangan khawatir simak ya dengan baik dan benar

Cara Dompet Kecil dari Kalin Flanel

Carar membuat Tas dari kain Flane;

Alat dan Bahan

Nah, Seperti biasa kita siapkan dulu alat dan bahannya ya jangan lupa, nanti kecewa

  1. Kain flanel
  2. Gunting
  3. Resleting
  4. Manik-manik atau pita

Langkah-langkah membuat tas dari kain flanel

waktunya kita memasuki tutorial membuat tas dari kain flanel, jangan lupa perhatikan dan praktikan ya teman teman

  1. Potong kain dengan ukutan lebar 15 cm dengan panjang 25-30 cm. ingat teman-teman ukurannya tidak pakem, semua sesuai selera ya.
  2. Tekuk kain flanel menjadi 2, bagian yang lebih Panjang yan yang di tekuk.
  3. Kemudian jahit dari dalam sisakan 1-2 cm dibagian atasnya, karena digunakan sebagai tempat resteting.
  4. Balik jahitan segingga jahitan berada didalam
  5. Selanjutnya pasangkan resleting dan hias dengan manik-manik dan pita
  6. Jeng jeng jeng dompet siap digunakan

Semoga bermanfaat teman-teman, jangan mudah menyerah ya semua butuh proses dan pembelajaran. Tergantung kalian mau atau tidak untuk belajar. segitu saja ya, pembahasan tentang cara membuat tas dari kain flanel dan dompetmya. Semoga sukses kawan, usaha tidak akan menghianati hasil. Susah-susah dulu baru bersenang-senang. Kalau ada salah saya mohon maaf seikhlas-ikhlasnya dan terimakasih telah menuangkan waktu berharga kelian, semoga bisa membantu.

Ada bonus yang bisa kalian tonton semoga bermanfaat

Good luck reader and See you soon