Cara membuat tas dari kain perca

Assalamualaikum wr wb teman-teman pembaca, seperti biasa saya kembali dengan pembahasan menarik yang berbau tas dompet dan segala macam jenisnya, ditulisan saya sebelumnya sudah ada banyak macam tutorial membuat tas dimulai dari tas rajut, tas dari tali kur, dan masih banyak lagi. Kali ini teman-teman saya akan membahas tentang cara membuat tas dari kain perca mudah no ribet-ribet club hehehe

Tak kenal maka tak sayang, tak kenal maka tak ingin berjumpa (cyeilah) kenalan dulu yuk sama kain perca supaya sayang, supaya pengen ketemu, supaya pengen berkreasi dan supaya supaya yang lainya, let’s check..

Apasih Kain Perca itu?

Membuat tas dari kain perca

Pengen buat tas yang antimainstrem, pengen buat tas yang unik. Aku punya satu bahan yang recommended banget buat tas kekinian yang tak tergerus zaman, apa itu? Seperti judulnya yaitu kain perca. Sudah tidak asing lagi bukan, tapi kalau masih bingung jangan linglung baca penjelasan beriku ini!

Kain perca merupakan gabungan dari sisa kain-kain yang tidak digunakan lagi, tapi jangan potong-potong baju kalian buat dijadiin kain perca ya, tapi kalau memang sudah enggak kepakek lagi mending kalian sumbangin. Tapi terserah kalian juga sih hehehe

Dan biasanya sumber kain yang dugunakan untuk kain perca ini berasal dari limbah-imbah pabrik konfeksi baju, butik-butik dan sejenisnya, jadi selain bisa dijadikan berbagai macam hal baru juga bisa mengurangi limbah tektil yang susah terturai.

Gambaran dari kain perca ini kaian bisa bayangkan gabungan dari potingan besar berbagai macam jenis kain yang digabung menjadi satu, bagaimana cara menggabungnya kalian bisa jahit kain potongan-potongan kain tersebut dengan beragam teknik, seperti teknik jahit standar (menggunakan jahit tangan maupun mesin), kalian juga bisa menggunakan teknik tambal sulam dan sejenisnya.

Karena, kain perca berasal dari limbah maka kain perca memiliki elebihan dan kekurangan yang sudah tida bisa lagi terlepas darinya, sama kita. Mau tau kelebihan dan kekurangan kain perca?, Simak saja penjelasan berikut ini

Kekurangan dan Kelebihan Kain Perca

Seperti yang kita bicarakan tadi kain perca berbahan dasar dari sisa-sisa kain yang digabung menjadi satu tentu ia memiliki kekurangan dan kelebihan, langsung saja yuk.

Kelebihan dari kain perca diantaranya:

  1. Wujud dari cinta bumi, cinta lingkungan dan cinta masa depan. Karena, secara sadar maupun tidak sadar kita telah mengurangi limbah dan sampah yang sulit terurai.
  2. Mudah didapat, kita bisa mendapatkan sisa-sisa kain dari penjahit sekitar rumah, pabrik konfeksi dan lain sebagainya.
  3. Hemat dan Berpeluang Bisnis, sisa-sisa kain kita kumpulkan dengan biaya yang murah bahkan gratis kemudian kita kreasikan, hasilnya kita bisa gunakan sendiri (hemat) atau bisa kita jual lagi (bisnis)

Kekurangan dari kain Perca diantaranya:

  1. Membutuhkan waktu lama untuk proses pembuatannya.
  2. Kain perca yang sudah jadi cukup sulit ditemukan dipasar karena produktivitasnya rendah.
  3. Menghabiskan banyak benang juga butuh banyak kesabaran hehehe

Cara Membuat Kain Perca

membuat kain perca

 

 

Masih nyambung dengan kekurangan kain perca yang sulit ditemukan dipasar, aku juga punya tips sebelum membuat tas dari kain perca, yaitu cara dan teknik membuat kain perca ala rumahan, mau tau? Let Go..

  1. Siapkan potongan-potongan kain sebanyak mungkin.
  2. Siapkan juga jarum dan benang (tapi kalau ada mesin jahit mending pakek mesin jahit aja)
  3. Gunting
  4. Kemudian kita ambil kain dan gabung kan keduanya, tapi sebelumnya rapikan dulu kalau tidak cocok sudutnya, biar rapi depan dan belakangnya.
  5. Cara jaitnya gimana, pakai teknik biasa saja tai yang rapi dan usahakan yang rapat. Kalau bisa diulangi dua kali supaya lebih rapi dan tidak mudah sobek.
  6. Kalu pakai mesin jahit usahakan kalian bisa menggunakan mesinnya wkwkwk
  7. Lakukan berulang sampai lebar kain yang diinginkan.

Sudah banyak banget nih basa basinya, mau nambah apa lagi guys.. Atau lansung aja masuk kepembahasan, langsung aja ya dari pada lama-lama..

Cara Membuat Tas dari Kain Perca

Tas dari kain perca

Alat dan Bahan Membuat Tas Dari Kain Perca

Nah, sebelum kita membuat tas dari kain perca, kita siapkan dulu dong.. Bahan bahan yang dibutuhkan, aku bakalan tulis daftar list nya, dan jangan sampai kelewatan hehehe

  1. Gunting
  2. Penggaris.
  3. Pensil / krayon / Bolpoin
  4. jarum pentul
  5. Jarum jahit dan benang (Kalau ada mesin jahit dirumah sebaiknya digunakan karena lebih mudah dan lebih rapi tentunya)
  6. Kain perca (Kalian bisa kira-kira, sesuai dengan lebar tas yang kalian inginkan.
  7. Manik-manik
  8. Resleting

Cara Membuat Tas dari Kain Perca

Setelah kalian siapkan bahannya, kalian bisa atur dulu berjajar disamping kalian, supaya rapi dan tidak susah dicari. Selanjutnya simakya tutorial berikut ini dengan teliti dan hati-hati hehehe

  • Pertama-tama kalian siapkan kain perca yang akan kalaian gunakan.
  • Sebelum kalian potong kaiannya, pastikan kainnya cukup untuk dibagi menjadi tiga bagian.
  • Bagian pertama untuk badan tas kalian bisa ukur sesuai selera kalian (berbentung segi panjang), bisa gede dan bisa kecil. tapi cara mempuat tas dari kain perca yang akan aku jelaskan berbentuk tas jinjing (kaya tas tote bag gitu..). kalian bisa pakai ukuran panjang 82 cm dan lebar 36 cm, untuk ukuran sedang.
  • Nah, nagian ketiga dan bagian keduanya ini digunakan untuk pegangan dengan panjang kira-kira setengah meter ( 50 Cm) dengan lebar 4 cm, tapi kembali lagi sesuai selera kalian.
  • Nah setelah tau bagian- bagiannya kalian bisa potong kain sesuai dengan intruksi sebelumnya.
  • Tapi… kalau mau lebih rapi kalian buat pola samar-samar dulu dibagian belakang kain percaya kalian bisa ukur pakai meteran atau penggaris kemudian kalian kasih tanda dengan krayon, atau apapun itu. yang penting bisa dilihat dan kalian tau. Tapi jangan gunakan barang yang bisa merusak kain ya man teman..
  • Selanjutnya, kalian ambil kain bagian pertamanya terus  tekuk menjadi dua bagian yang memanjang.
  • Setelah itu rapikan, usahakan ujung satu ketemu sama ujung yang lain ya.. biar enggak penceng
  • Kemudian, kalian pasangkan jarum pentul biar kainnya tidak bergeser.
  • Kah, baru kalian bisa jahit bagian samping badan tas tadi, tapi jangan dijahit tas diujung kain ya guys tapi kalian jahit satu senti meter (1 cm) dari lapisan terluar.
  • Catatanya, kalian balik dulu kain percaya (bagian belakang diluar dan bagian depan didalam) baru kemudian dijahit.
  • Setelah itu, balik bagian badan tas yang sudah selesai di jahit..
  • kemudian kita pasangkan resleing dibagian atasnya, tara.. tasnya sudah setengah jadi nih..
  • Kita lanjut untuk membuat bagian jinjingannya

Cara Membuat Tali pada Tas Kain Perca

  • pertama kalian tekuk bagian kanan pendek kain 1 cm dari bagian luar, kalian bisa pasangkan jarum pentul untuk menahannya. lakukan hal yang sama pada sisi kirinya.
  • ulangi juga pada bagian kain yang ke tiga ya man teman..
  • Setelah itu, pasangkan pada badan tas..
  • Jangan lupa tambahkan juga manik-manik di tas kalian supaya tambah cantik dan menarik.

Nah, kalau kalian masih bingung nih aku kasih video tutoriapnya, klik disini ya..

eits.. guys jangan pergi dulu, setelah bagi bagi cara membuat tas dari kain perca aku mau sharing tips juga loh sama kalian, baca ya dan jangan bosen..

Cara Mudah Merawat Tas dari Kain Perca

Cara membuat tas dari kain perca

Seperti yang kalian tahu, kain perca bisa berasal dari berbagai macam jenis kain. Dan kalian bingung bagaimana cara merawatnya supaya awet dibahan dan awet dipandangnya? jangan khawatir aku lagi baik hati mau bagi-bagi tips, paca dan praktekkan ya..

  1. Usahakan jangan terlalu sering terpapar sinar matahari, nanti warnanya akan mudah pudan dan kainnya pun akan rapuh.
  2. Jangan ditaruh disembarang tempat, karena selain banyak banyak debu, banyak heewan yang tidak dinginkan mengincar wkwkwk
  3. Masukan kedalam plastik sebelum disimpan dalam jangka waktu yang panjang.
  4. Jangan digunakan untuk memuat barang yang overload, kasian kainnya berat..
  5. kalau mau yang lebih awet lagi, jangan dibawa kemana-mana wkwkwk..*becanda ya jangan dimasukan di hati

hmm.. seberarnya kain perca bisa dikatakan berfungsi sama seperti kain pada umumnya, jadi bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam hal, mulai dari baju, sarung bantal, dan lain sebagainya. akua mau ngasih kalian sedikit lagi tutorial yang berbau kain perca, mau dong, langsung saja ya..

Cara Membuat Keset dari Kain Perca

kerajinan keset dari kain

kali ini kaian enggak usah gabungin potongan kainnya, kalian cukup siapkan banyak banyak potongan kain dan satu kain yang cukup lebar dan tebal sebagai alasnya (bisa pakai kain flanel kok) . yang perlu kalian siapkan seperti biasa yakni: gunting, pensil, jarum pentul, mesin jahot dan kain percanya dong wkwkwk..

  1. Rapikan potongan kain kecil menjadi bentuk persegi dengan ukuran sisinya 8 cm, bisa kalian tambahkan atau kalian kurangi tentunya.
  2. kemudian, amblil satu kain potongan tadi lalu lipat diagonal membentuk segitiga sama kaki.
  3. posisikan bagian alasnya diatas ya guys (dibalik) kemudian lipat kedalam masing-masing ujungnya, sampai berbentuk kotak lagi *jelas lebih kecil dongs..
  4. Lalu lipat lagi dua ijung dari persegi tersebut, sematkan jarum pentul biar enggak berubah
  5. Selanjutnya siapkan kain tebal sebagai alas, rapikan dan bentuklah sesuai selera.
  6. Gunakan lapisan pelapis jika perli kemudian gabingkan dengan kain alas.
  7. Tempelkan hasil lipatan kain tersebut dengan rapi mengikuti bentuk alas.
  8. Lakukan sampai semua sisi alas terpenuhi.
  9. dan keset siap digunakan.

Cukup sampai disini ya pembahasannya kali ini, jika ada kesalahan saya mohon maaf benget dan semoga bermanfaat, tetap semangat man teman

See You Soon..

Bonus gambar baju dengan campuran kain perca batik

baju dari kain perca