Daur Ulang dari Limbah Plastik

Assalamualaikum guys, gimana nih kabarnya. Sega sehat-sehat selalu. Sesuai dengan judulnya nih kita akan ngebahas tentang cara membuat kerajinan dari daur ulang plastik. Ngomongin daun ulang plastik nih, tau enggak kalau 100% limbah plastik bisa didaur ulang menjadi barang dengan nilai estetika dan guna yang tinggi. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari daya kreativitas kalian memanfaatkan daur ulang sampah plastik.

Dikutip dari cnnindonesia.com Akhmad Zainal Kepala Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran Institut Teknologi Bandung (ITB) menyatakan jika sampah plastik khususnya PET (Polietilena Tereftalat) di Indonesia sebanyak 350000 dan hanya 316,047 saja yang didaur ualng pada tahun 2018. Luar biasa sekali bukan

So, Selaras dengan anjuran pengurangan penggunaan plastik guna mengurangi populasi sampah plastik yang bejibun dan numpuk dimana-mana, kita juga bisa mengkreasikannya menjadi barang yang lebih berguna. It’s means pengurangan penggunaan plastik untuk pencegaahan dan daur ulang plastik untuk solusi sekaligus menambah budget pribadi mantap nggak sih. Hehehe.

Yuk turut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan dengan mendaur ulang sampah plastik dirumah kalian masing-masing. Langkah kecil jika dilakukan secara perjamaah dan istiqolah pasti akan berdampak besar. Nah, berikut beberapa cara mendaur ulang sampah plastik yang akan aku rekomendasikan buat kalian. Let’s check.

Bunga Cantik dari Tutup Botol

Nah untuk daur ulang sampah plastik yang pertama kita akan membuat bunga dari tutup botol bahan dan alatnya sangat sederhana dan rekomended banget buat diaplikasilan untuk keponakan, anak adik kalian untuk mengisi waktu luang. Simak yuk penjelasannya berikut ini:

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Tutup botol.
  2. Tusuk sate
  3. Pita
  4. Gunting
  5. Lem tembak
  6. Botol Aqua
  7. Batu kecil-kecil untuk pemberat

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama kalian siapkan dulu bahan dan alat yang akan digunakan. List bahan dan alatnya ada di atas loh
  2. Kemudian, kalian bersihkan tutup botol yang akan kalian gunakan samai bersih ya. Tunggu sampai kering.
  3. Setelah itu, kalian susun tutup botol menjadi bunga lima kelopak
  4. Satukan dengan lem ya..
  5. Setelah semuanya melekat, kalian berikan satu tutup botol lagi dengan warna yang berbeda untuk ditempelkan di tengah-tengah kelopak tutup botol yang telah kalian susun tadi.
  6. Setelah itu, ambil tusuk gigi, lalu lapisi dengan pita hijau.
  7. Jangan lupa berikan lem untuk merekatkannya.
  8. Selanjutnya, kalian tempelkan tusuk gigi tadi dengan bunga tutup botol sebagai tangkainnya.
  9. Bisa juga kalian tambahkan replika daun bisa beli, atau kalian buat sendiri dari keresek, dan sejenisnya.
  10. Nah, kita buat vas bunganya nih. Btw, tangkai yang digunakan kan kecil kita bentuk dan kita akalin bagaimana caranya bunga ini bisa berdiri so.
  11. Langsung saja.
  12. Pertama kalian potong 3 cm botol bagian atas dan bagian bawahnya.
  13. Setelah itu, satukan dua potongsn tadibdengan menggunakan lem.
  14. Lalu isi dengan bebatuan kecil yang kalian miliki.
  15. Jangan lupa beri hiasan dan di cat.
  16. Setelah jadi, baru deh bunga dari tutup botol ini bisa kalian pasang di meja rumah kalian.
  17. Selamat mencoba.

Tempat Sampah dari Tutup Botol Plastik

Daur Ulang dari Limbah Plastik

Nah untuk daur ulang dari plastik selanjutnya kita akan ngebahas tentang membuat tempat sampah dari tutup botol. Bh the way, bentuk ala tempat sampah ini juga bisa kalian fungsikan sebagai tempat maninan atau barang-barang yang lain. Ya bisa dikatakan multi fungsi lah ya. Untuk itu, langsung simak saja pembahasan berikut ini:

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Tutup botol plastik sebanyak mungkin.
  2. Lem Tembak
  3. Cat jika perlu.

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama-taman kalian lerlu menyiapkan 3 alat dan bahan yabg telah disebutkan di atas.
  2. Selanjutnya kalian cuci hingga bersih tutup botol yang sudah kalian siapkan tadi.
  3. Tunggu sebentar sampai kering.
  4. Setelah itu, kalian susun tutup botol membentuk lingkaran.
  5. Untuk ukurannya terserah kalian, sesuai selera tentunya.
  6. Tapi mending kalian kira-kira dulu seberala banyak tutup botol yang kalian miliki, biar nanti tidak bingung karena tutup botolnya habis tapi tempat sampahnya baru separo jalan.
  7. Oke next, prnyusunan tadi kalian lakukan sembari diberikan lem ya untuk menyatukan antar tutup botol.
  8. Pastikan benar-benar merekat, karena akan digunakan sennagai alas tempat sampah.
  9. Setelah lingkaran dari tutup botolnya sudah siap, kalian berikan satu lapisan lagi senagai tempat badan tempat sampai.
  10. Sika sudah, kalian susun menyilang seperti susunan tembok di bagian tepi paling luar lingkaran tutup botol.
  11. Jika tutup botol yang kalisn gunakan memiliki warna yang beragam kalian bisa atur sedekikian rupa dalam penyusunanya sehingga tidak terkesan berantakan.
  12. Susunan, tutup botol tadi akan cukup jika sudah memenuhi tinggi tempat sampah yang kalian inginkan.
  13. Selamat mencoba.

Tatakan Gelas dari Tutup botol

Daur Ulang dari Limbah Plastik

Konsep pembuatan tatakan ini sebenernya sederhana sekali, sekali lihat mungkin kalian langsung tau bagaimana caranya. Tapi untuk memperjelas kalian pasti butuh panduan kan. Yuk simak penjelasan daur ulang sampah plastik dengan membuat tatakan gelas dari tutup botol.

Bahan dan Alat yang perlu Disiapkan

  1. Tutup botol tentunya
  2. Lem tembak beserta Alatnya.
  3. Jika tidak ada, bisa manual menggunakan korek api saja atau dengan lilin

Langkah-Langkah Pembuatan

Sama persis banget nih sama bahan dan alat yabg dibutuhkan untuk membuat kerajinan ini, selain simple mudah no ribet-ribet kalian bisa praktekan dirumah tanoa banyak memungur biaaya. Lets check

  1. Pertama kalian siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
  2. Kemudian kalian cuci bersih tutuo botol dan tunggu hingga kering.
  3. Jika sudah kering kalian bisa susun tutup botol membentuk pola yang kalian inginkan.
  4. Jangan lupa berikan lem tempak untuk mengaitkan antar tutup botol.
  5. Selamat mencoba

Alas Kaki saat di Kamar Mandi

Nih, rekomended banget vuat kalian yang bisen sama model lantai kamar mandi kalian yang gitu-gitu aja bahkan licin. Aku sarankan buat kalian untuk memberikannya alas kaki dari tutup botol plastik bekas. Selain untuk menghindari licinnya lantai, tutup botol plastik pastinya akan menghadikan katraktdrisitik tersendiri nagi kamar mandi kalian. So simple kalian simak saja penjelasan berikut ini.

Bahan dan Alat yang Diperlukan.

  1. Tutup botol plastik
  2. Lem tembak

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama kalian siaokan dua alat dan bahan yang sudah dilist di atas
  2. Setelah itu cuci samai bersih, pastikan semua kotoran baik demu baupun bekas isi minumannya menghilang dari permukaan tutup botol
  3. Lalu, kalian jemur atau angin anginkan disepan rumah supaya cepat kering.
    Kemudian kalian rangkai satu persatu botol plastik yang akan kalian gunakan.
  4. Untuk ukirannya kalian bisa sesuaikan dengan luas lantai kamar mandi kalian.
  5. Jangan lupa padukan warna saat menyusun titup botol plastiknya.

Keranjang dari Tutup Botol

Daur ulang sampah plastik selanjutnya kita akan membuat keranjang dari tutup botol. Konsep pembuatannya cukup sederhana dan hampir sama dengan pembuatan tong sampah yang telah kita ulas tadi. Yuk dari pada berlama-lama simak saja penjelasan berikut ini:

Bahan dan Alat yang Perlu Disiapkan

  1. Tutup botol plastik satu ukuran
  2. Renda atau pita
  3. Lem tembak

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama-tama kalian siapkan duku ketiga nagan tersebut. Setelah semua sudah dipastikan beres, kita lanjut ke langkah berikutnnya.
  2. Cuci bersih tutup bktol yang akan digunakan, pastikan semua noda menghilang dari tutup botol.
  3. Setelah itu, angin-anginkan atu jemur hingga benar benar kering.
  4. Jika tutup botol kalian terdiri dari beraneka macam warna, kalian bisa sortir dulu dan kelompokan sesuai warna masing masing.
  5. Setelah sudah kalian bisa susun tutup botol membentuk oval.
  6. Tentu jangan lupa gunakan lem tembak untuk merekatkannya.
  7. Setelah sudah sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan, kalian tambah lagi satu lapis untuk badan keranjang.
  8. Jika kalian berasa tidak lerlu tidak usah tidak apa-apa.
  9. Setelah itu kita susun tutip botol keatas dengan sisitem tata bata, sehingga nanti akan menghasilkan rongga-rongga unik di bagian badan keranjang.
  10. Setelah mencapai tinggi yang kalian inginkan selanjutnya kita buat pegangannya.
  11. Untuk pegangannya kalian lem sekuat mungkin pita atau renda di bagian samping keranjang. Seperti pegangan tas pada umumnya.
  12. Kemudian, kalian bisa tempelkan tutup botol disisi atas dan disisi bawah pita sehingga nanti pota bisa melengkung kaku ke atas.
  13. Sebagai tambahan nih, kalian bisa membuat kreasi apapun dari benda lainnya semisal kain flanel lalu tempelkan sebagai pemanis.
  14. Selamat mencoba..

Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Mainan

Daur Ulang dari Limbah Plastik

Plastik tentunya bisa kita daur ulang lagi menjadi barang apapun sesuai kemampuan dan kebutuhan kita. Nih buat kalian yang kepengen memberi hadiah untuk adik kalian, ponakan kalian aku rekomendasikan hadiah unik tentunya murah dan tidak murahan. Yaitu, mainan dari plastik.
Nah kali ini, mainan yang akan kita ulas adaah mainan ular-ularan dari tutup botol.

Bahan dan Alat yang Perlu Disiapkan.

  1. Tutup Botol Plastik
  2. Kain flanel atau kain apapun
  3. Kapas
  4. Mata Boneka
  5. Tali
  6. Paku kecil
  7. Lilin dan korek api
  8. Gunting
  9. Lem tembak

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama kalian siapkan bahan dan alatnya terlebih dahulu.
  2. Setelah itu kalain cuci bersih tutup botolnya dan jangan lupa dikeringkan.
  3. Sembari menunggu tutup botol kering kita buat kepala ularnya terlebih dahulu.
  4. Pertama kalian potong persegi kain flanel atau jenis kain lainnya demgan panjang sisi 10 cm bisa kurang dan bisa lebih.
  5. Setelah itu, kalian berikan kapas ditengah-tengah kain dan bentuk sampai membentuk bola.
  6. Jangan lupa berikan lem untuk merekaykan kain supaya bentuk bola tadi tidak mudah terbuka dan berubah.
  7. Selanjuttnya, kalian tempelkan mata boneka di area bola tadi.
  8. Pastikan bagain belakang kepala boneka adalah bagian yang dilem tadi.
  9. Setelah mata bonekanya dipasang, kalian bisa potong kain lagi membentuk setengah lingkaran, kecil saja untuk replika bibirnya.
  10. Nah jadi deh, kepala ularnya.
  11. Selanjutnya kita beralih pada tutuo botolnya. Tapi sebelum itu, kalian nyalakan dulu lilinnya..
  12. Setelah itu, ambil satu satu paku dan liliti bagian tumpulnys dengan menggunakan kain supaya nanti tidak panas.
  13. Selanjutnya arahkan bagian runcingnya di api lilin.
  14. Kemudian ambil satu tutul botol dan lubangi tepat bagian tengahnya, untuk diameter lubang sesuaikan dengan diameter tali yang akan kalian gunakan.
  15. Jangan terlalu lebar dan jangan tsrlalu sempit.
  16. Lalu, masukan tali pada lubang yang telah kalian buat tadi, simpulkan dibagian tadi di bagian dalam botol.
  17. Selanjutnya gabungkan kepala ular tadi dengan tutup botol yang telah kalian buat.
  18. Selanjutnya kita lubangi lagi tutup botol dan rangkai di tali yang terhubung dengan kepala boneka tadi lakukan berulang sampai panjang yang kalian inginkan.
  19. Selamat mencoba.

Gantungan Kunci Bentuk Topi

Daur Ulang dari Limbah Plastik

Gantungan kunci ini simpel dan iconic banget buat oleh-oleh wisata. Jika temoat tinggal kalian dekat dengan area wisata bisa dicoba nih, itung-itung bisnis kan ya.. Hehehehhe…

Bahan dan Alat yang Perlu Disiapkan

  1. Atu tutup botol saja
  2. Lem Tembak
  3. Tali Kur dua warna (untuk yang kepo-kepo cata membuat tas tali kur bisa di check juga nih hehehe)
  4. Manik-Manik
  5. Besi gantungan kunci

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama-tama kalian siapkan alat dan bahannya. Jangan lupa cuci tutup botolnya dan keringkan.
  2. Setelah itu, kalian gabungkan dua tali kur beda warna dengan menggunakan lem secukupnya demgan salah satu tali lebih oanjang sedikit dibagian ujung.
  3. Kemudian kalian rangkai deh diatas tutup botol, jangan lupa juga gunakan lem tembaknya hingga membentuk topi.
  4. Pasangkan manik-manik untuk mempercantik
  5. Kemudian terakhir pasangkan juga besi gantungan kuncinya
  6. Selamat mencoba

Simple banget kan, nah. Daur ulang sampah plastik masa cuma tutup botol plastik aja sih? Tenang-tenang man teman. Ingat pada pembahasan diparagraf awal kita jika seratus lersen sampah plastik bisa kita gunakan untuk didaur ulang. Untuk pembahasan terperinci mengenai cara membuat kerajinan daur ulang dari limbah plastik lainnya kalian bisa chek tulisan aku sebelumnya. Okey..

Sekian saja yang bisa saya smpaikan semoga bermanfaat jika ada salah mohon dimaafkan ya..

See you

Wassalamualaikum wr. wb.