Hiasan dinding dari kardus

Assalamualaikum wr. wb pembaca online ku, selamat siang, selamat sere dan selamat malam. Gimana nih kabarnya. Baik-baik aja kan, aku mau bagi-bagi something nih buat kalian, kalau kalian udah pernag baca tulisan aku tentang cara membuat tas dari kardus, ini lanjutannya. Hehehe soalnya sama-sama akan membahas lagi kerajinan dari kardus. Kali ini apa ya? Mau taukan simak aja dan baca aja seterusnya tentang cara membuat hiasan dinding dari kardus.

Tertarik bukan, daripada kalian bingung enggak tau mau ngapain. Dirumah banyak tumpukan kardus bekas enggak ke pakek atau ada tugas kesenian di sekolah, simak saja apa yang akan aku paparkan kali ini.

Bunga dari Kardus

Kardus-kardus menumpuk di rumah kalian bisa loh kalian kreasikan menjadi hiasan dinding dari kardus  seperti, bunga baik bunga untuk di taruh di meja atau ditempel di dinding, yang tadinya memperkeruh ruangan kalian sekarang bisa memperindah 😻. Tapi kali ini aku mau buat bunga untuk yang dimeja ya man temanku. Langsung simak aja ya

Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan

  1. Gunting
  2. Selotip
  3. Kardusnya jangan lupa
  4. Manik-manik
  5. Cat pewarna jika perlu.
  6. Ranting pohon atau replika ranting pohon.

Nah, Berikut Langkah-Langkahnya

  1. Siapkan selembar kardus, jenis kadus yang kamu pakai kalau bisa yang tipis aja ya, yang itu loh kardus buat wadah roti dan sebagainya.
  2. Intinya yang tipis.
    Setelah itu kamu potong kardus dengan bentuk kelpoak bunga, sampai berjumlah 6 buah dengan panjang 2,5 cm.
  3. Kalau mau lebih rapi lagi kalian bisa gambar dulu pola kelopaknya dan gunting.
  4. Nah, setelah semuanya sudah digunting kalian siapkan dulu bagian tengah bunganya, bisa menggunakan manik- manik.
  5. Kalau tidak ada manik-manik kalian bisa gubting kardus yang tebal dengan bentuk lingkaran, sesuaikan ya dengan besar bunga tang akan kamu buat nanti.
  6. Setelah itu kamu cat kardus dengan warna yang berbeda buar terlihat lebih cantik.
  7. Kemudian kamu susun kelupak bunganya serapi mungkin dan usahakan agak mengerucut ya.
  8. Supaya nanti bisa beri replika tangkai.
    Setelah semua bunga sudah terbentung, kalian bisa siapkan rantingnya atau replika rantingnya.
  9. Masukkan ditengah lubang yang ada di bawah bunganya.
  10. Kemudian rekatkan lagi dengan selotip.
  11. Setelah itu, kalian gunting lagi sisa kardus yang kalian milikidengan bentuk daun.
  12. Usahakan tiap tangkai ada daunnya dua, biar enggak kesepian heheheh..
  13. Setelah semua udah digunting, kalian warnai dulu setiap daunnya biar selaras aja sama daun asli.
  14. Nah, sembari menunggu cat daunnya mengering, kalian juga bisa cat juga kelopak bunganya dengan warna yang menarik, jangan lupa tangkainya juga.
  15. Tunggu sampai benar benar kering dan setelah kering tempelkan daun replikasnya ditangkai
  16. Susun di dalam vas dan bunga kardus sudah jadi

Gimana nih min cara buat bunganya kalau mau ditempel didinding? Musah banget kok, kalian hanya perlu siapkan gambar kardus dengan bentuk bunga kelopak lima dua buah, kemudian bunga pertama kalian tempelkan keseluruhan di dinding dan bunga kedua alian tempelkan diatas bunga pertama dengan kelopak yang saling berlawanan, tekuk masing masing kelopak sampai terkesan timbul ya. Kemudian rekatkan bagian tengahnya ingat hanya bagian tengahnya. Lakukan berulang sampai tugas sampai jumblah yang kamu inginkan.

Jam Dinding

Hiasan dinding dari kardus

Hiasan dinding dari kardus selanjutnya aku mau bahas jam dinding nih, sedikit mainstream dan unik bukan. Apalagi kalau kamu punya jam dinding yang udah usang banget tapi sayang diganti karen Mesinnya masih bagus. Cocok banget nih. Kalau kalian enggak ounya jangan sedih bagiakanaja ilmunya ke anak atau ponakan kalian yang lagi di rumah aja.

Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan

  1. Kardus bekas
  2. Pensil warna/crayon/spidol
  3. Kertas kado atau kertas mengkilap
  4. Gunting dan Cutter
  5. Pensil
  6. Jarum pentul

Langkah-langkah

  1. Nah berikut langkah langkah untuk membuat hiasan dinding dsri kardus berbentuk jam dinding
  2. Siapkan dulu kardus bekas yang akan kamu gunakan
  3. Kemudian, kamu gambar lingkaran atau bentuk lainnya yang kamu inginkan.
  4. Setelah itu, kamu potomg kardus tersebut sesuai dengan pola yang telah kamu bentuk tadi.
  5. Setelah selesai, kamu gambar nomor satu sampai dua belas sesuai dengan kreatifitas kalian.
  6. Jangan lupa, kamu bisa juga gambar bagian tengah jam supaya lebih cantik dan menarik.
  7. Setelah selesai digambar dan diwarnai lupakan sejenak pola lingkaran tadi.
  8. Kamu ambil lagi sisa kardus yang kamu punya.
  9. Lalu, gambar pola jarum jam baik yang pendek paupun yang panjang.
  10. Kemudian, potong kardus sesuai pola yang kamu gambar tadi.
  11. Setelah tadi dilupakan, kamu ambil lagi dah lingkaran jam yang tadi.
  12. Kemudian kamu tempeklan jarum pendek dan jarum oajang yang telah
  13. kamu potong tadi dengan jarum pentul.
  14. Kalau, mau lebih cantik lagi kamu bisa cat jarum jam tersebut dengan warna yang kamu suka.
  15. Setelah semuamya jadi, kamu bisa tambahkan mesin jam dinding kamu rangkailah sendiri, aku enggak ahli soal itu wkwkwk.
  16. Tapi kalau hanya untuk hiasan langsung saja lapisi bagian belakang jam dengan menggunakan kertas kado atau kertas mengkilap supaya lebih menarik.
  17. Dan hiasan di dinding dari kardus berbentuk jam dinding sudah jadi πŸ™Œ

Figora

Hiasan dinding dari kardus

Nah, sebelumnya aku udah pernah bahas ini nih di tulisan aku sebelumnya, di cara membuat tas dari kardus. Tapi enggak apa-apa lah ya soalnya kali ini beda teknik, jadin variasilah buat kalian mau cara yang mana. Semoga bermanfaat, langsung saja ya lets go πŸ‘‰

Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Kardus
  2. Penggaris
  3. Pensil/ spidol
  4. Lem
  5. Cutterdan Gunting
  6. Selotip
  7. Pensil warna, crayon dan sejenisnya (kalian bisa pilih salah satu)
    Manik-manik (bisa kancing baju, mutiara, pita dan lain sebagainya)
  8. Stapler karton

Langkah-Langkah Membuat Figora dari Kardus

  1. Pertama-tama kalian siaokan dulu kardus bekas yang akan kalian gunakan sebagai foto.
  2. Kemudian letatakan foto kalian diatas kardus dan joplak ururannya, samar-samar aja.
  3. Bisa juga kalian beri tanda titik dimasing masing sudutnya.
    Setelah itu ukur dari titip pola gambar tadi keluar sampai 5 cm (ukuran bisa disesuaikan dengan selera) berikan tanda.
  4. Lakukan berulang untuk kemempat sisinya. Kemudian tarik garis samar-samar, pakai penggaris ya biar lurus sampek tujuan πŸ˜…
  5. Selanjutnya, potong pola terluar lebih dahuku menggunakan gunting atau cutter.
  6. Setelah selesai kamu potong, kamu lubangi sesuai pola jiplakan foto kamu tadi, hati-hati supaya rapi.
  7. Kemudian, pasang juga plastik mika bening (putih) dibagian belakang kardus untuk menutupi lubag foto.
  8. Lupakan sementar cetakan pertam tadi. Dan ambil kardus bekas sisa yang ada.
  9. Potong kardus berbentuk kotak selebar keliling pola kardus pertamamu.
  10. Kemudian lapisi menggunakan kertas karton berwarna putih atau hitam.
  11. Setelah itu jiplak lagi ukuran foto kamu diatas kertas karton tadi. Selanjutunya kamu berikan garis tebal.
  12. Lalu, tempel foto tepat ditengan pola garis tebal yang telah kamu buat, bisa menggunakan lem atau selotip.
  13. Dan, pasangkan pola depan bingkai yang telah kamu buat sebelumnya, satukan dengan menggunakan lem.
  14. Selanjutnya kamu bisa hias bingkai foto sesuai selera. Kamu bisa memakai pita, bunga kering, kancing dan lain sebaginya.
  15. Nah untuk masangannya kalian bisa siapkan seutas tali ukuran 5-7 cm saja, tekung sampai bisa membentuk sebuah cantolan kemudian selotip tali sampai merekat dikardus, lakukan berulangkali jika perlu. Sampai dirasa kuat.
  16. Fogora siap digantung di dinding kamar kalian.

Burung Hantu

Hiasan dinding dari kardus

Ini unik nih untuk hiasan diding dari kardus, kalian pernah dengar teknik quilling paper? Nah ini mirip-mirip, kalau masih belum tau teknik quilling paper istilah gampangsnnya itu seni gulung-gulung kertas. Tapi kali ini kita pakai kardus, kepo kepo ini nih langsung aja ya.

Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Kardus bekas yang tipis
  2. Lem
  3. Cat (jika lerlu)
  4. Gunting

Langkah-Langkah Pembuatan

Tak kalah simpel nih dari bahan bakunya, caranyapun simpel dan enggak banyak

  1. Pertama, kamu siapkan dulu kardus yang akan kamu gunakan beserta bahan lainnha juga jangan lupa
  2. Kemudian, gunting kardus dengan lebar kira 5 cm bisa kurang dan bisa lebih sesuai selera. Begitupun panjangnya terserah kalian.
  3. Setelah digunting kalian bisa pisahkan dulu kardusnya juka kardusnya berlapis, karena anjurannya kardus tipis ya..
  4. Lalu, gulung-gulung dah tuh kardusnya sampai diameternya mencapai 7 cm bisa lebih atau kurang.
  5. Lebih enak lagi, kalau gulungannya dirapatkan dengan lem terlebih dahuku ya man teman biar enggak gampang geser-geser.
  6. Lakukan lagi ya, dan kumpulkan sampai dua gulungan saja untuk dijadikan mata.
  7. Lalu buat lagi satu gulungan yabg lebih besar dengan ukuran yang jauh lebih besar dengan lebar yang sama dengan gukungan sebekumnya, tapi berdiameter 12 cm. Untuk digunakan sebagai badan burung hantu.
  8. Kemudian satukan deh tiga gulungan tersebut dengan menggunakan lem.
  9. Setelah itu, kalian gulung lagi kardusnya berdia meter 5 cm tapi gukungannya jangan rapat-rapat.
  10. Bentuk gukungan tersebut samoai berbentuk seperti petir (tapi jangan terlalu melengkung juga)
  11. Kemudian tempetkan dibagian atas mata.
  12. Selanjutnya, kalian gulung lagi kardung dengan renggang namun berdiameter lebih besar untuk sayapnya, bentuklah elips dengan ujung-ujungnya lancip.
  13. Tempelkan di sisi kanan dan kiri badan burung hantu.
  14. Setelah itu, gulung lagi kardus sama seperti tadi diameternya kalian bisa kira-kira saja, utuk dijadikan kaki.
  15. Jangan bosan gulung-gulung pokoknya.
  16. Gulungan kaki tadi kalian bentung sampai menjadi segitiga dan tempelkan dibagian bawah vadan burung hantu, dengan alas segitiga dibawah.
  17. Nah, gulung-gulung tahao terakhir nih, sama selerti yang tadi guling kardus dengan rongga. Lalu bentuk elips tapi satu ujungnya runcing. Dan tempelkan diantara mata (agak kebawah) untuk paruhnya.
  18. Ada solusi nih, untuk yang males banyak gulung-gulung kalian cukup tambahkan aksesoris seperti mata, sayap, ekor, paruh dan lainnya.
    Jangan lupa, berikan warna biar lebih menarik πŸ˜‚

Contoh quilling paper ya guys πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

Lampu Gantung

Hiasan dinding dari kardus

Hiasan dinding terakhir nih yang mau aku bahas, lampu gantung, unik ala kamu yang bisa kamu pasang dikamar. Lumayan kan berhemat dari oada mahal-mahal, ini nih yang harus kamu siapkan.

Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan

  1. Kardus bekas
  2. Penggaris
  3. Pensil
  4. Cutter
  5. Cat semprot
  6. Lem tembak
  7. Kabel
  8. Fitting
  9. Lampu

Langkah-Langkah Pembuatan Lampu Gantung

  1. Siapkan kardus bekas dan alat-alat yang akan digunakan.
  2. Kemudian bentuklah pola persegi panjang dengan ukuran 60 x 21 cm, bisa kurang juga bisa lebih.
  3. Sesuaikan saja sama selera kamu mau besar atau mau kecil.
  4. Lalu, setelah itu gunting kardus sesuai pola dan warnai dengan menggunakan cat seprot, satu sisinya saja.
  5. Tunggu saja sampai benar-benar kering.
  6. Kemudian, kalian bagi bagian kardus menjadi 5 bagian dengan menandari sisi panjang kardus yang tidak dicat. Pastikan juga sama rata.
  7. Setelah kamu tandai, tarik garis lirus dengang menggunakan cutter tapi jangan samlai terpotong loh guys. Lalu tekuk tekuk sesuai pola
  8. Setelah itu, bentangkan kembali kardus dari lipatan segilima kemudian potong memanjang kardus menjadi tujuh bagian dengan masing-masing bagian memiliki ukuran panjang 60cm dan lebar 3cm.
  9. Setelah itu, rangkai segilima terbut dan satukan. Letakkan bagian yang di cat di dalam.
  10. Setelah semuanya tersambung. Kalian bisa susun kardus sebagai bingkai dari lampu.
  11. Kemudian untuk bagian kao lamounya kalian bisa poting kardus sisa tadi dengan bentuk segi lima dengan masing masing sisinya kurang lebih 12 cm.
  12. Selanjutnya, kalian buat lubang di tengah-tengah bagian atas dari kap lampu yang telah di buat sebelumnya sehingga ujung lampu dapat masuk ke fitting kemudian lem fitting dengan kardus tersebut.
  13. Jangan lupa pasang frame yang telah dibuat dengan atasannya.
    Rekatkan dengan lem, dan lampu siap digunakan.

Nah, cukup sampai disitu ya yang bisa aku bagikan tentang csra membuat hiasan dinding dari kardus, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan kalian bisa komen di dalam kolom komentar yang tersedia, aku juga minta maaf dengan seikhlas-ikhasnya

See you next time.

Wassalamualaikum wr wb.

Sumber dari sini