Kerajinan dari kain flanel

Assalmualaikum wr. wb pembaca online selamat siang, selamat sere dan selamat malam. Ngomongin tentang kerajinan dari kain flanel nih, sebagai kain yang berbahan dasar kapas ini eksis banget loh dikalangan pengerajin kerajinan yang bertema lucu-lucu dan khas anak-anak.

Meskipun pada dasarnya bisa untuk semua usia. Alasan keeksisan kain flanel dikalangan pecinta kerajinan tangan ini karena tektur kain yang mudah sekali dibentuk dan direasikan. Untuk itu, kita akan membahas tentang aneka kerajinan dari kain flanel

Selain itu, kain flanel juga memiliki type yang dikategirikan dari ketebalannkain flanel itu sendiri, untuk kalian yang kepo sama pembahasan kain flanel secar Lebih lengkap kalian bisa kuncungi saja tulisan saya sebelumnya.

Karena, ditulisan saya mengulas lengkap tentang kain flanel beserta keanekaeagaman hingga kekurangan dan kelebihan. So, kita lanjutkan saja pembahasan kita mengenai cara membuat aneka ragam kerajinan dari kain flanel beserta cara pembuatannya.

Tempat Pensil dari Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel

Kerajinan dari kain flanel yang lertama kita bahan adalah tempat pensil. Untuk pembahasan kita saat ini kita tidak akan membahas tentak cara membuat tempat oensil bentuk dompet karena pasti sudah biasa 😁 kita buatlah yang lebih menantang dan menarik. Ada dua bentuk tempat pensil yang akan kita ulas, penasaran bukan simak langsung saja pemaparan di bawah in:

Alat dan Bahan yang Disiapkan

  1. Kain flanel
  2. Mesin jahit jika ada
  3. Jarum dan benng jahit sebagai alternatifnya
  4. Pita
  5. Pin
  6. Gunting
  7. Pensil
  8. Pelubang Kertas

Langkah-Langkah Pembuatan

Cara 1 ” Tempat Pensil Saku”

  1. Pertama kalian siapkan alat dan bahan yang sudah dilistkan di atas, namun kalian tidak perlu menggunakan pin, pita dan pensil
  2. Setelah itu, kalian potong kain flanel dengan panjang 25 cm atau seurukan dengan pensil dan bolpoin kalian.
  3. Setwlah itu, siaokan lagi kain flanet dengan ukuran 3/4 dari panjang kain sebelumnya.
  4. Sebelum.menyatukan kedua kain tersebut kita hiasdi dulu untuk bagaian depan depan kain yang akan digunakan sebagai tempat tempat pencil.
  5. Bagian depan tempat pensil sendiri adalah kain flanel yang kalian potong kedua dengan ukjran yang lebih oendek kain sebelumnya.
  6. Setelah sudah kalian bisa satukan kedua kain tersebut dengan menjahitnya dengan hati-hati.
  7. Lalu, kantong pensil kalian bisa deh dipasang di dinding depan tempat kalian belajar atau diasang di sisi meja belajar kalian.
  8. Selamat mencoba.

Cara 2 “Tempat Pensil Model Gulungan”

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan dalam membuat tempat pensil gulungan ini yakni menyiapkan seluruh alat dan bahan yang sudah disebutkan tadintanpa terkecuali.
  2. Setelah itu, potong kain flanel yang akan kalian gunakan membentukdua buah persegi panjang dengan ukuran panjang dan lebar yang sama.
  3. Ukuran panjangnya sendiri kalian sesuaikan dengan jumlah pensil yang akan kalian.masukan dalam tempat pensilnya nanti. Tapi jangan terlalu oendek juga karena sistem penyimpanan tempat pensil ini adalah digulung.
  4. Sedangkan untuk ukuran oanjangnya kalian bisa ukur sesuai dengan ukuran pensil baru yang bekum ditaut dan ditambahkan 1-2 cm dibagian atas dan bawahnya.
  5. Setelah dua lotong kain flanel tadi sudah selesai disiapakan kalian lubanginkain flanel di bagian satubsetengah inci dari tepian kain flanel sebagai penanda.
  6. Kemudian lubangi lagi salah satu kain flanel dibagian atas dan bawahnya dengan jarak masing-masing tiga perempat inch. Jangan kupa lerhatikan dan pastikan jika kalian melubangi kain berakhir di titik yang berjarak setengah inch dari tepian kain flanel.
  7. Selanjutnya, kalian bisa ambil kain flanel yang tidak dilubangi tadi dan ditumpuk di atas kain flanel yang dilubangi.
  8. Kemudian satukan kedua kain tersebut dengan menjahitnya secara rapi dibagian tepiannya.
  9. Lalu, disekitar lubang yang kalian buat tsdi kalian itari dengan jahitan juga. Setelah itu, kalian jahit lurus telat di antara lubang kain sebagai batas wilayah antar oensil yang akan disimpan di dalam tempat pensil nantinya.
  10. Setelah itu pasangkan dua pita dibagian belakang tempat pensil yang nantinya akan digunakan sebagai pengikat supaya gukungan tempat pensil ini tidak berubah.
  11. Selamat mencoba..

Boneka Jari dari Kain Flanel

Untuk kerajinan dari kain flanel yang akan kita bahas selanjutnya adalah cara membuat boneka jari. Boneka jari sendiri biasa digunakan sebagai alat pendukung dongeng yang diceritakan dideoan anak-anak.

Sehingga cerita yang dibangun akan tampak lebih menarik dan tentunya akan semakin menarik perhatian anak-anak. Bagaimana pembuatannya..simak saja yuk oenjelasan berikut ini:

Alat dan Bagan yang Akan Digunakan

  1. Kain Flanel warna warni
  2. Jarum dan benang
  3. Lem tembak
  4. Pensil

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama, kalian siapkan ketiga alat dan bahan yang sudah dilist di atas.
  2. Kemudian kalian buat pola karakter yang akan kalian buat dengan menggunakan pensil.
  3. Ukuran boneka jari bisa disesuaikan dengan besar kecilnya jari kalian.
  4. Setelah sudah membentuk pola karakter tadi, kalian potong kain flanel sesuai pola. Hingga 2 potongan karakter kain flanel dengan ukuran dan pola yang sama
  5. Lalu, kalian jahit tepian kain flanel tadi denga rapi.
  6. Lalu hias deh boneka jari kalian menggunakan sisa kain flanel tadi atau membentuk wajah dengan jahitan. Semua sesuai dengan keinginan dan kreatifitas kalian masing-masing
  7. Selamat mencoba

Sepatu Bayi dari Kain Flanel

Buat kalian ibu ibu musa atau tante tante muda yang kepengen membuat sesuatu yang unik untuk baby dan keponakan kalian membuat sepatu dsri kain flanel merupakan salah satu solusi nih, silakan dicoba

Alat dan Bahan yang Akan Digunakan

  1. Kain flanel dengan bahan halus
  2. Jarum dan benang
  3. Tali Sepatu
  4. Pelubang kertas

Langkah Langkah Pembuatan

  1. Pertama kalian ukur dulu panjang dan lebar ukuran kaki bayi
  2. Kemudian kalian siapkan kalin flanel dan potong menjadi tiga bagian seperti gambar di atas
  3. Setelah itu, rangkai satu persatu bagiannya sampai membentuk sepatu mini.
  4. Lalu, kalian beri dua buah lubang dibagian punggung sepatu atau tempat tali seatu pada umumnya berada.
  5. Pasang deh talu sepatunya.
  6. Tips nih, dari pada kalian terlalu panjang jika menggunakan talinsepatubsecata utuh kalian bisa potong satu buah tali sepatu untuk satu pasang sepatu.
  7. Dan dibagian masing-masing ujungnya kalian masukan sedotan aqua gelas dan panaskan sebentar samai menyusut.
  8. Selamat mencoba

Selain bisa digunakan sebagai bahan sepatu bayi, kalin flanel juga bisa loh digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat mainsn bayi, nih salah satu contohnya 👇👇

Pembatas Buku dari Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel

Nah, pembatas buku ini cocok banget buat kalian si kutu buku. Karena bisa sebagai penanda akhir bacaan buku dengan mudah plus tidak merusak.
Nah untuk pembuatannya sendiri simpel dan sama sekali enggak ribel. Penasaran yuk simak saja ulasan berikut ini:

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Kain flanel aneka warna
  2. Karet kolor warna hitam
  3. Jarum dan benang
  4. Lem tembak jika perlu
  5. Pensil

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama kalian harus siapkan duku alatvdan bahannya
  2. Kemudian, kalian buat pola bunga atau karakterlain di atas kain flanel. Kalian juga bisa padukan beberapa kain flanel lain yang berbeda warna untuk karya yang lebih optimal.
  3. Lalu, kalian potong dengan hati-hati supaya menghasilkan bentuk yang rapi
  4. Setelah itu, kalian tempelkan dan susun karakter atau bunga yang kalian lotong tadi diatas kain flanel warna putih hingga jadi dan rapi.
  5. Setelah semua tertrmpel, kalian bisa potong kain flanel tersebut membentuk pola luar dari karakter yang telah disusun tadi. Bisa lihat gambar di atas
  6. Kemudian, kalian siapkan kolor dengan oanjang sesuai dengan buku yang akan kalian gunakan, tisak akada ukuran pasti, sekedar saran jangan terlalu kecil dan jangan terlalu bebar.
  7. Selanjutnya kalian gabungkan kedua ujung karet kolor tadi dengan menggunakan jarum dan benang.
  8. Tempelkan deh kain flanel yang sudah kalian bentuk tadi dengan karet kolotnya.menggunakan jarum dan benang juga.
  9. Letaakan kain flanel diatas gabungan ujung karet kolornya ya, supaya pembatas terlihat sempurna
  10. Selamat mencoba..

Sampul Buku Jurnal dari Kain Flanel

 

Kerajinan dari kain flanel

Nah, buat kalian yang bisen banget sama sampul buku jurnal atau diary kalian kerajinan dari kain flanel ini perlu dicoba. Untuk tau caranya bagaimana simak saja pembahasan berikut ini:

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Kain flanel
  2. Lem tembak
  3. Jarum dan benang
  4. Pensil

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama, kalian ukur dulu pankang dan lebar dari buku jurnal kalian.
  2. Kemudian buat pola samar di atas kain flanel.membetuk persegi sesuai dengan ukuran buku jurnal
  3. Untuk bagian panjangnya, kalian bisa lebih 5-6 cm di bagian kanan dan kirinya.
  4. Tekuk bagian lebihan panjang tadi kedalam.lalu jahit bagian atas bawah dan sampingnya, lakukan juga ada sisi berikutnya. Setelah jadi nanti akan membentuk kantong yang bisa dimasukan buku.
  5. Jika bingung, sampul.kain flanel ini sama prinaipnya dengan kalian menyampuli buku kalian dengan sampul plastik atau sampul kertas.
  6. Kembali pada kain flanel, setelah bagian yang ditekuk di jahit, kalian lanjutkan melingkar pada keselurihan tepian sampul kain flanel tadi.
  7. Pasangkan pada buku atau jurnal. Lalu berikan lem pada bagian dalamnya supaya tidak mudah lepas.
  8. Bgaian akhirnya, kalian bisa hiasi sampul dengan karakter, bunga, kaligrafi dan sebagainya
  9. Selamat mencoba

Bunga Mawar dari Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel

Keanekaragaman bentuk dan jenis barang yang bisa kalian kreasikan melalui kerajinan dari kain flanel ini juga bisa kalian manfaatkan untuk membuat bunga mawar, untuk mengreasikannya kalian berlu menyiapkan alat dan bahan serta mengikuti tutorial yang akan dijelaskan berikut ini

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Kain flanel
  2. Kawat kecil
  3. Pita hijau
  4. Gunting
  5. Lem tembak

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama lalian potng kain flanel bewarna merah atau ping membentuk kelopak bunga dengan ukuran yang bervarian.
  2. Mulai dari ukuran kelopak terkecil hingga terbesar. Untuk jumlah kelopaknya kalian bisa sesuaikan mau seberapa.besar bunga yang akan kalian bentuk nantinya.
  3. Setelah itu, kalian satukan kelopak bunga menggunakan lem, menyelimuti bagian ujung kawat yang sudah kalian siapkan sebelumnya.
  4. Langkah berikutnya, kalian siapkan kain flanel bewarna hijau lalu gunting membentuk daun.
  5. Buat beberapa sehingga banti bunga tampak terlihat lebih segar.
  6. Selanjutnya kalian lapisi kawat sengan pota hijau atau pita coklat jangan lupa berikan lem supaya pita dan kawar benar- benar menyatu sempurna.
  7. Bubuhkan, daun di beberapa sisinya.
  8. Lakukan berulang kali sampai mencapai jumlah bunga yang kalian inginkan
  9. Selamat mencoba

Nah, sekian saja pembahasan mengenai kerajinan dari kain flanel yang bisa saya sampikan. Masih banyak lagi sebenernya kerajinan dari kain flanel yang bisa kalian buat. Semakin kalian kreatif maka semakin mudah kalian berkreasi. So, tetap semangat. Jika ada salah kata saya mohon maaf seikhlas-ikhlasnya

Terimakasih

Sampai jumpa

Wassalamualaikum wr. wb.