Kerajinan dari Kayu

Assalmualaikum wr. wb pembaca online ku, selamat siang, selamat sore dan selamat malam. Gimana nih kabarnya. Baik-baik aja kan, aku mau bagi-bagi something nih buat kalian. Yakni kerajinan dari kayu, gimana penasaran bukan. Secara fisik semua barang yang dibuat dari kayu dengan epic pasti akan terlihat estetik dan unik. Apalagi kalau di pajang di rumah kalian kesan natralnya pasti dapet banget sejuk dimata.

Sebelum kita mengulas tentang kerajinan dari kayu, lebih baik kita mengenal dulu jenis kayo, typenya kualitasnya terlebih dahulu, supaya merajinan kalian lebih ciamik lagi. Seperti yang kita ketahui indonesia merupakan negara tropis yang subur tanahnya, sehingga tidak menutup kemungkinan aneka tumbuhan bisa tumbuh subur di atasnya meskipun tidak semua jenis tanamannya.

Keaneka ragaman tanaman notabenenya pohon juga tentu menghasilkan serat, warna sampai aroma dsri masih masih pohonya. So langsung saja, kita berkenalan dengan jenis kayu yang cocok untuk dijadikan kerajinan tangan dari kayu.

Jenis-Jenis Kayu yang Cocok Untuk Kerajinan

Kayu Jati

Kayu ini tentu kalian kenal, dengan eksistensinya yang luar biasa di bidak furniture kayu jati juga eksis di budang kerajinan tangan dari kayu bahkan bisa dikatakan kayu jati merupakan ‘king of wood’ atau rajanya kayu. Dengan warnanya yang coklat muda hingga kehijauan kayu jati menghadirkan kekhasannya sendiri jika digunakan baik untuk kerajinan tangan dari kayu maupun untuk furniture.

Selain itu, kayu jati tergolong kayu yang awet dan kuat dibandingkan dengan kayu lainnya. Ditambah dengan daya retak yang rendah, serat yang lurus kayu jati semakin bernilai plus bagi pengerajin. Meskipun teksturnya agak sedikit kasar.

Kayu Mahoni

Kayu mahoni biasanya bis tumbuh hingga pajang 40 meter dengan diameternya yang mencapai 100 cm atau 1 m. Kayu mahoni ini pada umumnya hanya bisa kalian dapatkan di daerah uang bermusim kering dan basah. Tapi jangan khawatir, dengan kecanggihan teknologi saat ini kalian rebahan saja barang datang sendiri dirumah kalian hehehe..

Balik lagi ke kayu mahoni, kayu inni memiliki daya tahan awet lebih rendah dari kayu jati, tapi tidak seburuk itu kok masih bisa dikatakan pas. Kayu ini juga sering digunakan untuk furniture dan bahan baku kerajinan dari kayu. Meskipun kayu ini tidak tahan dengan rayap tapi tidak ada salahnya jika dimanfaatkan.

Kayu Akasia

Sepintas mata kayu ini sebelas dua belas dengan kayu jati, sehingga untuk orang awam pasti sulit untuk membedakannya. Meskipun sepintas mata mereka hampir sama namun dari segi kualitas tentu jauh berbeda. Kayu akasia ini rapuh dan rentan jamur serta rayap. Untuk membedakannya kalian bisa angkat dan bedakan kedua berat kayu tersebut karena kayu akasia lebih berat dari kayu jati dan lebih murah.

Meskipun rapuh kayu akasia ini memiliki warna yang cantik dengan coklat khas dan serat yang menarik sehingga rekimendet banget buat kalian gunakan untuk bahan baku kerajinan dari kayu. Selain untuk bahan merajinan kayu aka sia juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kertas.

Kayu Sonokeling

Kayu sokokeling ini masih sejenis kayu yang mirip dengan kayu jati namun dari segi kualitasnya, karena bernilai tinggi jika kalian jadikan sebagai bahan baku kerajinan dari kayu kalian. Selain itu, penampakan fisiknyapun menawan dan mewah dengan serat epik ditambah warna hitam keunguan yang semaik membuatnya tampak menarik. Namun, sayang harga kayu ini semakin mahal tiap tahunnya karena permintaan yang meningkat sepadan dengan peminatnya yang semakin melonjak. Ada satu kekurangan yang dimiliki kayu sokokeling ini yakni ketidak tahanannya terhadap rayap. Tapi masih sangat direkomendasikan.

Kayu Trembesi

Kayu ini cukup populer meskipun tak seeksis kayu jati tapi cukup sering digunakan sebagai bahan baku furniture khusunya meja. Dengan warna coklat dibagian tengah yang dikelilingi warna putih dipinggirannya menjadikan ciri khas dari kayu trembesi ini, dan jangan khawatir kyu ini mudah banget kalian temukan karena kayu ini sejenis kayu yang bisa hidup dimanapun asalkan tropis. So ini juga cukup direkomendasikan untuk bahan kerajinan tangan dari kayu kalian.

Kerajinan dari Kayu

Nah setelah mengetahui jenis kayu apa saja yang cocok untuk kalian gunakan sebagai bahan kerajinan tangan dari kayu, sok saatnya kita eksekusi tentang cara membuat aneka ragam kerajinan dari kayu, yukss kita bahas satu persatu

Tempat Pensil dari Kayu

Kerajinan dari Kayu

Untuk kerajinan kayu yang pertama kita akan membahas yang simpel-simpel aja dulu yakni, tempat pensil horizontal dari kayu untuk tau kelanjutannya simak saja berikut ini:

Bahan dan Alat yabg Perlu Disiapkan

  1. Kayu utuh berdiameter kecil dengan panjang kurang lebih 10-15 cm bisa disesuaikan.
  2. Bor kayu kecil
  3. Pisau (kondisional)
  4. Kertas amplas
  5. Cat warna warni atau cat plamir

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama kalian siapkan bahan dan alat yang dilerlukan, tentu yang sudah dilist di atas
  2. Kemudian jika kayu yang akan kalian gunakan kurang rapi kalian bisa rapikan lagi bagian liarnya dengan menggunakan pisau lalu
  3. Kemudian buar lubang seukuran pensil (lebih besar sedikit) di beberapa tempat di atas kayu.
  4. Usahakan membentuknpola yang cantik.
  5. Nah, kemudian kalian amplas kayu hingga halus.
  6. Seletah itu, kalian bisa cat tempat pensil kalian sesuai selera
  7. Baru deh pensil-pensil kalian bisa dimasukan kedalam lubang tadi.
  8. Selain cara membuat lubang tadi, kalian juga bisa membuat nya membentuk seperti tabung, semua sesuai selera dan kreativitas kalian
  9. Selamat mencoba

Asbak Rokok

Kerajinan dari Kayu

Nah, ini rekomended banget buat yang di rumahnya ada yang perokok. Kalian bisa membuatnya sendiri menggunakan kayu, selain sebagai tempat abunya asbak ini juga bisa digunakan untuk hiasan meja karena keunikannya. tentunya ada berbagai macam teknik membuat asbak yang ada didunia ini dan saya hanya akan menyampaikan salah satunya saja ya.. Berikut pemaparannya:

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Kayu, bambu bekas dan papan bekas
  2. Gergaji
  3. Pisau
  4. Pernis atau cat plamir
  5. Kertas amplas
  6. Lem kayu
  7. Gunting

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama kalian siapkan dulu alat dan bahan yang sudah dilist di atas
  2. Kemudian, klain buat pola persegi di atas kayu atau papan dengan ukiran lebar 2,5 cm atau 3 cm dengan panjang 12 cm.
  3. Setelah itu, potong kayu sesuai pola. Jika sudah dipotong, kalian potong lagi bagian ujungnya membentuk miring.
  4. Lakukan berulang sampai terkumpul delapan buah
  5. Kemudian buat pola membentuk persegi lima dengan panjang sisi masing-masing 2,5 cm atau 3 cm.
  6. Selanjutnya kalian susun san gabungkan dengan lem sampi membentuk persegi delapan.
  7. Kemudian, kalian potong bambu sepanjang 7 cm dan belah bambu menjadi 2 bagian
  8. Buatlah bebeberapa kira-sampai mempu menutupi keseluruhan pinggiran persegi enam tadi
  9. Susun bambu tadi dengan posisi berdiri dan saling beringkuran.
  10. Satukan dengan menggunakan lem.
  11. Tunggu sampai kering.
  12. Jika dirasa masih berantakan, kalian bis rapikan lagi mengginakan gergaji atau pisau.
  13. Jika sudah selesai, kalian bisa amplas asbak dengan memggunakan kertas asbak lalu lumuri seluruh lermukaan asbak dengan menggunakan lem.
  14. Baru kemudian kalin bisa cat asbak dengan menggunakakan plamir untuk mempertahankan keaslian warna dan
  15. corak kayu.

Mangkok Kayu

Kerajinan dari Kayu

Tentu saja mangkok kayu ini sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita terdahuku. Sebelum.mereka mengenal manhkok kaca bahkan mangkok plastik. Mangkok kayu ini meiliki bentuk dan corak yang unik sekali. Mangkok akan terlihat elegan, vantik dan menarik jika si pembuatanya mampu mengolahnya dengan baik dan benar, penasaran cara membutnya.

Seiring berjalannya waktu, tentu saja cara pembuatannya memgalami revormasi jadi tidak semudah dulu karena saat ini.banyak.beredar produk yang memudahkan pemgerajin kayu dalam mengkreasikan kerajinan dari kayu mereka. Dan kali ini kita akan membahas cara manualnya saja ya. Penasaran? Simak saja penjelasan berikut ini:

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Kayu utuh dengan diameter dan panjang tergantung kebutuhan dan keinginan kalian.
  2. Pisau pahat
  3. Kertas amplas
  4. Jangka
  5. Pensil

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama, siapkan alat dan bahan yang kalian butuhkan.
  2. Kemudian ambil kayu utuh yang sudak jalian siapkan tadi
  3. Kemudian, buatlah pola lingkaran di atas potongan kayu dengan diameter sesuai dengan diameter kayu.
  4. Kemudian kalian buat lagi lingkaran didalam pola lingkaran tadi dengan jarak 1,5 cm atau 2 cm.
  5. Setelah sudah, kalian pahat bagian dalam kayu membentuk cekungan manggok.
  6. Yang artinga semain dalam.semakin mengerucut, jangan lupa dibagian atasnya kalian pahat tempat pada garis pola yang kalian buat.
  7. Setelah selesai dibagian dalamnya sekarang di bagian luar
  8. Kalian pahat bagian luar kayu membentuk pola mangkok, hati-hati
  9. jangan sampi terlalundalam hingga melubangi mangkok.
  10. Selanjutnya kalian rapikan menggunakan kertas amplas sampai benar-bemar halus.
  11. Untuk finishingnya kalian bisa berikan cat plitur untuk bagian liar mangkok.
  12. Selamat mencoba

Lampu Hias dari Kayu

Kerajinan dari Kayu

Namanya sebuah kerajinan dari kayu bentuk apapun dia jenis appun yng akan dibuat pasti memiliki keragaman wujudnya, hal tersebut menunjukan betapa luar biasanya kerahaman pola manusia, termasuk lambu hias ini. Ada bernagai macam model untuk dibuat. Nah, untuk ditulisan ini kalian bisa simpulkan sendiro inin akan memili.bentunseleeti apa, langsung saja…

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Kayu
  2. Papan triplek
  3. Lampu
  4. Temtap memasang Lampu
  5. Gergaji
  6. Lem kayu
  7. Bor listrik atau manual
  8. Pisau atu cutter
  9. Paku
  10. Palu
  11. Kertas Amplas

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama kalian siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
  2. Kemudian kalian buat kerangka lampu, hal pertama yang lerlu kalian siapkan adalah potongan triplek berjumlah 4 dengan ukuran masing-masing 30 x 13 cm.
  3. Kemudian, potongan triplek lagi dengan ukuran 14 cm x 3 cm dengan jumlah 8 buah.
  4. Setelah itu, kalian buat bagian fitting lampunya dengan menyiapkan potongan triplek dengan ukuran 12 cm x 3 cm sejimlah 4 buah.
  5. Lalu potomg lagi triplek dengan ukjran 12 cm x 12 cm satu buah saja.
  6. Nah, selajutnua kalian lubangi semua potongan triplek tadi kemudian susun dan jangan lupa rekatkan demgan menggunakan lem kayu.
  7. Selanjutnya, kalian ambil potongan kayu memanjang ukurannya bisa disesuaikan dengan selera kalian.
  8. Lalu amplas kayu hingga halus dan susun bersama triplek tadi.
  9. Bagian akhirnya nih, kalian bisa cat lambu hias kalian demgan menggunakan car olitur atau cat lainnya seindah mungkin.
  10. Baru deh lampu bisa dipasang.
  11. Selamat mencoba

Nah, sekian saja pembahasan mengenai kerajinan dari kayu yang bisa saya sampikan. Masih banyak lagi sebenernya kerajinan kayu yang bisa kalian buat. Seperti yang kita ketahui sebelumnya jika kayu merupakan bahan kerajinan yang fleksible dan unik jika dijadikan kerajinan so, tetap kreatif. Jika ada salah kata saya mohon maaf seikhlas-ikhlasnya

Terimakasih

Sampai jumpa

Wassalamualaikum wr. wb.