Assalamuaikum wr. wb, selamat siang/ selamat sore/ selamat malam. Seperti judulnya guys, kita akan mengulas tentang kerajinan dari kulit jagung. Kulit jagung ang biasa dibuang begitu aja bisa kalian manfaatkan menjadi kreasi yang unik dan berguna buat kalian.

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan kerajinan dari kulit jagung ini menjadi salah satu peluang bisnis loh. Penasaran apa aja yang bisa kita kreasikan menjadi kerajinan dari kulit jagung ini. Lets check…

Kerajinan dari Kulit Jagung

Fyi, untuk kalian yang kepengen mewarnai kulit jagung dan memudahkan proses pembentukan kreasi kulit jagungnya kalian rebus terlebih dahulu ya supaya warna lebih menempel dan kulit jagung lebih kentur dan mudah dibentuk. Nah berikut kreasi yang bisa kalian buat dari kulit jagung. Chek di bawah ini:

Tempat Tisu dari Kulit Jagung

Nah, untuk pembuka pembehasan kita mengenai kerajinan dari kulit jagung kita akan mengulas cara membuat tempat tisu dari jagung. Sederhana dan mudah sekali. Yuk langsung simak bagaimana proses pembuatannya πŸ‘‡

Bahan-Bahan yang Disiapkan

  • Kulit jagung secukupnya
  • Gunting dan cutter
  • Lem
  • KertasΒ dupleks
  • Tali kur atau tali yang lainnya.
  • Alat Tulis

Langkah-Langkah Pembuatan

Setelah kita menyiapkan alat dan bahan yang sudah dilist di atas kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membentuk tempat tisu yang cantik

  1. Pertama kalian perlu mencuci bersih kulit jagung yang akan kalian gunakan. Jemur hingga kering.
  2. Jika kotak tisu yang kalian inginkan memiliki warna, kalian perlu merebus kulit jagung terlebih dahulu, supaya warna bisa benar-benar mereaap dengan baik.
  3. Selanjutnya, kalian satukan beberapa kulit jagung menjadi lembaran lebar menggunakan lem. Tunggu sampai kering
  4. Selanjutnya, kalian buat pola di atas kulit jagung. Dengan bentuk pola jaring-jaring balok tanpa penutup.
  5. Setelah pola sudah terbentuk sempurna, kalian potong kulit jagung mengikuti alur pola (sisakan 1 cm ditepian luar) dengan menggunakan gunting.
  6. Setelah itu, susun pola tadi membentuk balok. Rekatkan dengan menggunakan lem yang kiluat.
  7. Kemudian untuk penutupnya, kalian buat pola diatas kertas dumple sesuai dengan luas bagian atas kotak tisu setengah jadi yang kalian buat tadi.
  8. Dibagian tepinya kalian sisakan 1-2 cm untuk memudahkan proses perangkaian.
  9. Nah setelah kalian rangkai, bagian samping kotak tisunya kalian berikan lubang yang bisa di buka san ditutup untuk mempermudah proses isi ulang tisu
  10. Tambahkan manik-manik atau hiasan untuk mempercantik. Seperti membuat pita dari tali kur dan lainnya.
  11. Selamat mencoba

Keranjang dari Kulit Jagung

Kerajinan dari Kulit jagung

Tak kalah dari keranjang dari bahan dasar lainnya, keranjang dari kulit jagung ini juga kalian bisa manfaatkan seerti pemanfaatan keranjang pada umumnya, seperti tempat hantaran pernikahan atau yang lainnya. Nah, yang kepo mendekat. Berikut tutorialnya:

Bahan dan Alat yang Digunakan

  • Kulit jagung secukupnya
  • Air secukupnya
  • Gunting
  • Lem
  • Kardus
  • Staples

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Untuk pembuatan keranjang ini, kalian perlu merendam kulit jagung yang sudah dikeringkan kedalam air selama 10 menit terlebih dahulu.
  2. Ait yang kalian gunakan sebaiknya air hangat supaya kulit jagung mudah dibentuk.
  3. Setlmbari menunggu rendaman kulit jagung tadi. Kalian siapkan kardus terlebih dahulu. Bentuk kardus membentuk alas keranjang sesuai keinginan kalian.
  4. Selanjutnya, kalian sisihkan terlebih dahulu, saatnya kita eksekusi kulit jagunnya.
  5. Setelah sepuluh menit, kalian ambil kulit jagung, lalu guntuk kulit jagung sesuai dengan lebar yang akan kalian gunakan. Semisal lebar 2-3 cm dengan panjang secukupnya.
  6. Setelah beberapa potongan tadi terkumpul, kalian gambungkan beberapa dengan trapler serapi mungkin.
  7. Anyam kulit jagung membentuk kardus yang kalian bentuk tadi.
  8. Setelah alasnya terbentuk. Kalian tunggu kulit jagungnya sampai kering terlebih dahulu.
  9. Baru setelah kering, kalian tempelkan kardus diatas kulit jagung yang sudah kalian buat tadi.
  10. Nah, setelah jadi kalian lanjutkan menganyam bagian badan keranjang.
  11. Untuk menyatukan bagian badan dan alas keranjang kalian bisa menggunakan lem.
  12. Beri hiasan untuk mempercantik
  13. Selamat mencoba.

Bunga Cantik dari Kulit Jagung

Kerajinan tangan dari kulit jagung ini juga bisa kalian manfaatkan menjadi bunga cantik loh, untuk memperi meja ruang tamu kalian. Selain cantik bunga dsri kulit jagung ini ramah lingkungan. Nah, untuk umyang prngentau bagaimana proses pembuatannya. Simak aja penjelasn berikut ini:

Bahan dan Alat yang Digunakan

  • Kulit jagung kering secukupnya
  • Pewarna tekstil.
  • Air dan alat perebus
  • Gunting
  • Lem
  • Kawat atau tusuk sate

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Dalam proses oembuatan vunga ini yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu adalah alat untuk merebut kulit jagung. Air, kompor dan panci.
  2. Setelah air kalian masukan kedalam panci kalian tunggu air sampai mendidih. Kemudian masukan warna tekstil secukuonya kedalam.air mendidih tadi.
  3. Setelah itu aduk hingga merata. Kemudian masukan kulit jagung yang akan kalian gunakan. Aduk lagi tunggu beberapa menit.
  4. Lalu matikan kompor dan diamkan lagi 10 menit supaya warna benar-benar meresap sempurna.
  5. Selanjutnya, kalian tiriskan kulit jagung tunggu sampai kering. Tapi jangan dijemurnya, jangan sampai bersentuhan dengan cahaya matahari secara langsung supaya warna tidak luntur.
  6. Setelah kering, kalian bentuk pola kelopak di atas kulit jagung jagung. Potong dengan gunting
  7. Lakukan bebebrapa kali sampai jumlah kelopak bunga yang diinginkan.
  8. Setelah sudah, kalian amlil kawat atau tusuk sate yang kalian miliki.
  9. Rangkai kelopak bunga diatas tusuk sate tadi.
  10. Berikan hiasan replika daun untuk memercantik.
  11. Buat juga bebebrapa bunga lainnya, dan pasang di vas bunga yang kalian miliki
  12. Selamat mencoba.

Btw, nih kalo ngomongin tentang bunga dari kerajinan dari kulit jagung ini ada beragam variasinya. Kalian bisa sesuaikan dengan keinginan dan saya kreatifitas kalian masing masing. Apa aja nih jenis bunganya ? Aku bagiin beberpa foto ilustrasi bunga dari kulit jagung yang bisa kalian tiru dan kalian kreasikan. Berikut fotonya. Check di bawah ini πŸ‘‡ πŸ‘‡ πŸ‘‡ πŸ‘‡ πŸ‘‡

Kerajinan dari Kulit jagung

Boneka dari Kulit Jagung

Selan bisa dibentuk menjadi beberapa benda yang dijelaskan di atas, kerajinan dari kukit jagung juga bisa kalian bentuk menjadi boneka cantik yang bisa kalian jadikan sebagai aneka souvenir pernikahan atau kado ulang tahun untuk orang yang kalian cintai. Nah, berikut cara pembuatannya:

Bahan dan Alat yang Diperlukan

  • Kulit jagung yang sudah dikeringkan
  • Mata boneka
  • Benang
  • Lem
  • Manik-manik
  • Gunting
  • Benang Wol
  • Pita
  • Air hangat

Langkah-Langkah Pembuatan

Untuk pembuatan boneka dari kulit jagung ini kalian perlu menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Baru kemudian ikuti intruksi di bawah ini: πŸ‘‡

  1. Pertama, kalian rendam kulit jagung yang sudah dikeringkan kedalam air hant selama 10 menit, untuk melenturkan kulit jagung supaya mudah dibentuk.
  2. Kemudian, kalian ambil 4 buah kulit jagung sama ukiran, lalu ikat menggunakan benang tepat 4 cm dari sisi atas kulit jagung.
  3. Selanjutnya. Kalian putar atau balik kulit jagung, hingga posisi ikatan tadi berada di dalam.
  4. Lalunikat lagi, bagiannbawahnya sampai membentuk kepala.
  5. Selanjutnya. Kalian siapkan 1 lembar kulit jagung, lalu gulung secara horizontal. Bagian panjangnya kalian gulung sampai membentuk tangan. Dan bentuk 2 buah tangan
  6. Lalu, selipkan dinatara keala yang sudah kalian benruk tadi. Untuk memerkuat posisi tangannya kalian bisa menggunakan lem.
  7. Kemudian, kalian buat bagian badannya dengan mengikat bebeRaa kulit jagung sesuai dengan besar boneka yang kalian inginkan dengan menggunakan benang wol.
  8. Ikatan benang wol ini kalian gunakan untuk membentuk pinggangnya ya. So, kalian bisa sesuailan ya.
  9. Selanjutnya kalian bisa membuat kainya dengan mengguling kulit jagung seperti pembuatan tangan tadim untuk model kakinya kalian bisa sesuaikan dengan badan dab gander boneka yang kalian buat.
  10. Jika boneka berjenis klamin perempuan maka kainya jangan besar bensar dan sebaliknya.
  11. Selamat mencoba

Bingkai Foto dari Kulit Jagung

Kerajinan dari Kulit jagung

Tak ketinggalan bingkai foto juga bisa kalian buat loh dari kulit jagung. Nah, kerajinan dari kulit jagung ini terbukti super duper banget kan kalau mau dijadikan sebagai bahan kerajinan. Nah balik lagi ke bingkai fotonya nih. Yang kepo kepo kita langsung saja las tentang bagaimana cara membuat bingkai foto dari kulit jangung ini. Yukkk…

Bahan dan Alat yang Digunakan

  • Kulit jagung kering secukupnya
  • Kertas karton dan Kardus
  • Sertika
  • Lem
  • Pewarna
  • Cutter dan gunting
  • Perwarna tekstil

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama, kalian siapkan alat dan bahan yang erlu kalian gunakan. Sudah dilist di atas.
  2. Selanjutnya, kalian bersihkan kulit jagung yang sudah kering ke dalam air. Lalu rebut kulit jagung kedalam air mendidih yang sudah diberikan pewsrna tekstil.
  3. Tunggu sampai beberapa menit supaya pewarna meresap sempurna kedalam kulit jagung.
  4. Sembari menunggu proses pewarnaannya, kalian potong kardus membentuk figora. (Bisa dilihat ditulisan saya sebelumnya)
  5. Buat juga pola persegi panjang membentuk bagian depan figora. Lalu tempelkan pada bagian depan figora dengan menggunakan lem
  6. Nah, kita sisihkan terlebih dahulu lalu kita beralih pada kulit jagung tadi.
  7. Tiriskan kulit jagung tunggu sampai kering. Jangan dijemur ya, supaya warna tidak luntur.
  8. Setelah kering, kalian setrika kulit jagung sampai kulit jagung tidak melengkung lagi
  9. Kemudian, kalian potkng kecil kecil sesuai selera.
  10. Tempelkan deh kulit jagung tadi pada figora.
  11. Selamat mencoba.

Tempat Pensil dari Kulit Jagung

Kerajinan dari Kulit jagung

Selain kerajinan dari kulit jagung yang sudah disebutkan di atas, kukit jagung juga bisa kalian gunakan sebagai bahan untuk menghias dan membuat tempat pencil loh. Kepo gimana cara pembuatannya. Simak aja penjelasan berikut ini:

Bahan dan Alat yang Perlu Digunakan

  • Kulit jagung yang sudah kering secukupnya
  • Kaleng bekas ukuran sedan
  • Benang untuk hiasan
  • Tali tambang kecil
  • Lem

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Langkah pertama yang perlu kalian siapkan adalah bahan dan alat yang susah disebutkan tadi
  2. Kemudian, potong kulit jagung menjadi lembaran panjang.
  3. Lalu, siapkan kaleng ukuran sedang yang sudah dibersihkan tentunya.
  4. Selanjutnya anyam kulit jagung membentuk kepangan panjang.
  5. Lilitkan pada kaleng dan rekatkan menggunakan lem.
  6. Lakukan sampai seluruh permukaan kaliang tertutupi.
  7. Bagian paling atas dan bagian paling bawahnya kalian bisa liliti dengan tali tambah untuk mempercantik
  8. Selamat mencoba.

Nah, sudah itu saja ya yang bisa saya sampaikan mengenai kerajinan dari kulit jagung. Nah, kalau terlalu sulit wajar lah. Seperti yang kita tau apa yang kita ingin gapai pasti perlu usaha lebih untuk mencaainya. So, jangan menyerah selamat mencoba. Tetap berkreasi

Sampai jumpa

Terima kasih

Selamat mencoba