Kerajinan tangan dari bahan bekas

Assalamualaikum wr. wb, teman-temanku. Gimana nih kabarnya sekarang? Aku mau baginbagi informasi buat kalian tentang kerajinan tangan dari bahan bekas, karena keterbatasan yang ada. Kita hari ini akan membahas satu-satu dulu. Pertama kita akan buka dengan kerajinan tangan dari stik es krim.

Rekomendasi Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim

Kerajinan tangan dari bahan bekas

Stik es krim sendiri saudah lumrah untuk dijadikan bahan dasar kerajinan tangan. Karena, bahan yang unik dan mudah ditemukan dimana-mana, langsung saja kita bahas kerajinan tangan dari badang bekas stik eskrim yang pertama adalah 👇👇👇

Tempat Pensil dari Stik Es Krim

Kerajinan tangan dari bahan bekas

FYI, sebelum.kalian salah faham tentang tempat pensil ini, tempat pensil yang akan aku buat, bulan tempat oensil yang bisa dibawa kemana-mana, buakn tempat pensil yang ada resletingnya ya man teman. Kita akan membuat tempat pensil yang diletakan di meja. Istilahnya tempat pensil horizontal.

Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan

Untuk membuat temoat pensil dari stik eskrim ini kalian perlu menyiapkan beberapa benda sebagai berikut:

  1. Siapkan satu pack stick eskrim
  2. Lem (yang kuat ya, untuk kayu. Jangan lem kertas 😄)
  3. Kuas
  4. Cat (bisa warna apa saja)
  5. Penggaris
  6. Cutter.
  7. Pensil
  8. Kardus
  9. Selotip (bisa juga pakai yang warna warni)

Langkah-langkah Pembuatan

Mungkin agak ribet sih dijelaskan, namun mri kita coba fahami celetukan dari tulisan ini, saya harap bisa dimengerti okrek..!!

  • Siapkan dulu semua benda-benda yang akan kita gunakan.
  • Setelah itu, kalian ukur deh stik es krimnya, kira-kira mau seberapa tinggi.
  • Lalu kalian karih mark dibagian mana yang akan kalian potong nanti.
  • Usahakan ya , yang dipotong bagian bawahnya saja, sehingga bentuk oval dibagian ujung sstik es krim masih tersisa
  • Satu aja ya yang di ukur. Yang lainnya disesuaikan.
  • Berapa nih yang mau harus diporong, apakah semuanya? Satu pack sekligus?
  • Ya, enggak dong. Kalian kira2 duku aja volum dari kotak pensil yng kalian inginkan.
  • Coba saja kalian susun 4-5 stik eskrim secara berjajar.
  • Lebar dari stik pertama samai stik terakhir merupakan lebar sisi dari kotak pensil yang akan kalian buat.
  • Semakin banyak akan semakin lebar dan sebalikmya.
  • Nah, setelah urusan potong memotong kalian sudah selesai.
  • Kalian jajarkan lagi sti es krim sesuai lebar yang kalian pengenin.
  • Setelah itu ambil satu stick yang belum kalian potong.
  • Beri satu sisi stik tersebut dengan lem, sesuai dengan lebar jajaran stik es krim yang kalian jajar.
  • Usakan juga di bagian tengahnya ya, soalnya nanti bagian oval stick es krim akan di buang.
  • Setelah kalian berikan lem, letakkan stik tersebut secara melingtang (bisa menjangkau semua stick) di bagian agak atas stick yang berjajar.
  • Jangan letakkan di bagian paling atas ya, jangan juga diletakkan di bagian tengah.

Langkah Selanjutnya

  • Ambil stik lagi, berikan dia lem lakukan hal yang sama, taoi stik kedua ini diletakkan di nagian agak bawah dari stik yang barjajar.
  • Lakukan secara berulang sampai kita punya 4 susunan stik es krim yang berbentuk yang seperti itu.
  • Tunggu sampai kering.
  • Sembari menunggu kering, kita buat dulu di bagian alasnya.
  • Pertama, kita siapkan kardus, kemudian ukur dia sesuai dengan ukuran sisi tempat pensil yang kita buat tadi.
  • Jangan lupa diberi tanda dengan pensil.
  • Kemudian potong.
  • Nah setelah kering, potong sisa stik eskrim.yang membentang tadi. Dan rapikan.
  • Setelah itu, kalian gabungkan ke empat sisi tersebut sampai membentuk balok/kubus tanpa alas dan atap menggunakan lem.
  • Tunggu lagi sampai kering
  • Jika sudah kering, ambil alas yang kita buat tadi, lalu gabingkan juga dengan lem, jangan lupa tunggu sampai kering.
  • Setelah kering, kalian cat kotak pensil kalian dengan menggunakan cat yang sudah kalian siapkan.
  • Nah, tambahan nih. Untuk memerkuat alasnya kalian bisa satukan lagi dengan menggunakan selotip, bisa juga menggunakan selotip.warna warni sekaligus menghias kotan pensil kalian
  • Tara, temoat oensil bisa digunakan
    Selamat mencoba.

Untuk kerajinan tangan dari bahan bekas stik eskrim selanjutnya kita akan memembuat.

Bingkai Foto Kerajinan dari Stik Es Krim

Kerajinan tangan dari bahan bekas

Bingkai foto jadi sasaran tersering untuk dijadikan kreasi, entah dari kardus sampai ke stik eskrim ini. Jadi jangan sampai kelewatan, tentang tutorial cara membuat bingkai foto dari stik es krim.

Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan

  1. Kuas
  2. Cat warna apapun
  3. Stik es krim
  4. Lem tembak/lem kayu
  5. Foto kalian tentunya
  6. Mika bening
  7. Kertas karton
  8. Manik-manik

Langkah-Langkah Pembuatan Figora Stik Es Krim

  1. Pertama-tama kalian siapkan dulu semua barang yang sudah ada di list, setelah semua ada
  2. Kalian siapkan delapan stik eskrim kalian susun sampai membentuk persegi.
  3. Dimana, dua untuk bagian atas, dua bagian kiri, dua bagian kanan dan bua bagian bawah.
  4. Susun, ya yang rapi ingat posisi stik “rebahan” enggak berdiri apa lagi lari 😆
  5. Setelah kalian susun kalian bisa rekatkan masih masing ujung dengan menggunakan lem.
  6. Setelah benar-benar melakat dan membentuk persegi, saatnya kita membuat susunan lersegi yang kedua.
  7. Kalian letakan saja lersegi awal di atas meja, kemudian susun secara berskala, jadi nanti kalai dilihat dari samping akan ada rongga.
  8. Lakukan sampai 3 lapisan ya..
  9. Setelah jadi kalian letakkan dulu pola.bingkai yang pertama dan kita akan membuat alas bingkai.
  10. Pertama, kalian bisa sejajarkan 3 stik es krim.
  11. Ambil stik es krim baru kemudian satu sisinya kalian beri lapisan lem.dan tempelkan di bagian agak ke atas pada 3 stik eskrim yang rebahan tadi.
  12. Lakukan hal yang sama tapi letakkan dibagian agak kebawah untuk saat ini.
    Sederhananya kalian tau pagar kayu?
  13. Miriplah seerti itu tapi tidak berongga.
    Tunggu sampai kering.
  14. Setelah kering kalian bisa porong kertas karton sesuai dengan ukuran dari alas yang kita buat tadi, rekatkan dengan lem.
  15. Selanjutnya, kita pasangkan foro kita diatas karton tersebut. Telat ditengahnya ya…
  16. Jangan lupa tambahkan mika, agar foto tak gamoang memudar dan kena debu.
  17. Setelah itu, kalian ambil lagi pola bingkai yang pertama. Kalian bisa cat dengan warna yang kalian suka.
  18. Kemudian kita lanjutkan dengan meletakkan pola bingkai pertama diatas alas foto yang sudah kita buat.
  19. Cocokan ya, rapikan juga. Jangan lupa pakai lem untuk merekatkan.
  20. Untuk mempercantik kalian bisa tambahkan manik-manik di atas bingkai karya kalian.
  21. Bingkai sudah bisa digunakan, selamat mencoba.

Langsung aja ya, ke pembahasan kerajinan tangan dari bahan bekas stik es krim selanjutnya, untuk yang ketiga ini aku rekomendasikan banget untuk kalian para pecinta, penasaran langsung aja ya..

Cara Membuat Pembatas Buku dari stik Es Krim

Kerajinan tangan dari bahan bekas

Sederhana tapi useble banget nih, pembatas buku. Kita enggak perlu banyak-banyak dan repot untuk menyiapkan bahan-bahannya kalain cikum menyiapkan.

  1. Satu buah stik es krim
  2. Cat
  3. Kuas
  4. Benang wol
  5. Kancing baju atau manik-manik lucu
  6. Lem
  7. Selotip warna warni

Langkah-Langkah Pembuatan Pembatas Buku dari Stik Es Krim

Simpel dan enggak kebanyakan ngomong

  1. Pertama kalian sipan duku bahan-bahannya.
  2. Lalu, ambil.satu buah stik es krim. Kemudian berikan warna sesuai yang kamu inginkan.
  3. Setelah itu, tunggu sampai kering.
    Setelah kering ambil benang wol 5 cm saja.
  4. Kemusian tekuk, kedua ujung benang tata letakkan di atas stik es krim yang sudah diwarnai.
  5. Lalu, lapisi dengan selotip memutar.
    Seanjutnya, kamu berikan lem diatas selotip (lem tembak) dan letak kancing atu manik-manik diatas lem.
  6. Tunggu sampai kering dan sush aip untuk digunakan

Nah, aku jelasin satu-satu fungsingya.
Benang wol yang melelngkung itu berfungsi untuk tempat ‘cantolan’ semisal kalian mau baca bukunya..bakalan sulit dong kalau baca buku sampil megangin pembatas buku. Maka dari itu, pembatas bisa digantung di paku atau gantungan terdekat.

Kalau fungsi dari, kancing atau manik-manik tadi, selain mempercantik gunanya sebagai penahan. Jadi ketika kalian letakkan buku di rak buku, stik es krimnya tidak akan masuk dan tenggelam di dalam buku, jadi lebih musah untuk membacanya, tanpa ribet nyari pembatas yang tenggelam
dalam lembaran halaman buku.

Cara Membuat Keranjang Buah dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim

Ini unik banget nih, rekomended banget buat kalian yang mau buat persel hari raya, pernikahan, menjengung orang sakit. Tapi males banget buat beku keranjangnya. Jangan khawatir, aku tawarkan solusi untuk kalian.

Bahan-Bahan yang perlu Disiapkan

  1. Stik Eskrim (ukuran yang panjang ya)
  2. Papan triplek
  3. Gergaji
  4. Cutter
  5. Kuas
  6. Cat warna kesukaan kalian

Langkah-langkah pembuatan keranjang buah/parcel

  1. Pertama, kalian siapkan dulu bahan-bahanya.
  2. Setelah sudah siap, kalian potong papan triplek membentuk segi lima, dengan panjang sisi sesuai panjang stik eskrimnya.
  3. Rapikan bagian tepiannya, usahakan tidak ada lagi yang meruas dan kasar disana. Sakit kalau kena tangan.
  4. Setelah itu, tempelkan masingmasing stik diatas papan triplek dengan ujung saling bertumpukan. Jangan lupa rekatkan dengan lem.
  5. Selanjutnya, kita siapkan 5 stik eskim kita warnai dengan warna kesukaan kit, tunggu sampai kering.
  6. Kemudian, kita tempelkan agi diatas stik eskrim yang pertama, susun ya sampai kalau dilihat dari aamping ada rongga yang tercipta 😎
  7. Lakukan beberpa kali, sampai sesuai tinggi keranjang yang kalian inginkan.
  8. Ingat konsel keranjangnya, satu lapisan polos, satu lagi berwarna dan seterunya.
  9. Kalian bisa tambahkan pita, untuk mempercantik
  10. Dan keranjang buah siap gunakan

Selamat mencoba dan semoga mermanfaat

Nah, cukup sekian ya pembahasan mengenai kerajinan tangan dari baham bekas stik es krimnya, sebenarnya ada banyak banget kerajinan yang bisa di buat dari stik es krim.

Ya, mau gimana lagi, seperti yang aku sebutkan tadi karena segala kendala dan keterbatasan aku itu aja yang bisa aku sampaikan semoga bermanfaat, maafin juga ya kalau ada kesalahn baik disengaja ataupun tidak disengaja.

Sampai jumpa part 2 nya

Wassalamualaiakum wr wb

Nice day

Ada bonus beberapa foto kerajinan dsri bahan bekas stik es krimnya, selamat menikmati 👇👇👇

Kerajinan dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim

kerajinan dari stik es krim

Memang akan banyak ide-ide kreatif Kerajinan Tangan dari stik es krim dan inti dari tulisan ini, namun menurut saya. Karya apa saja yang ada dibenak dan didalam otak kita, hal yang harus dipelajari terlebih dahulu ialah bagai mana kita menguasai cara pembuatannya, tentunya dengan nalar berfikir masing-masing.