Kerajinan tangan dari Limbah plastik

Assalamualaikum wr. wb teman-temanku pencinta seni, bagaimana kabarnya nih?, ngomong-ngomong soal kerajinan tangan aku mau bagi-bagi wawasan tentang kerajinan tangan dari limbah plastik. Sebelumnya aku juga sudah penah nulis beberapa loh, seperti kerajinan tangan dari botol bekas. Nah, kali ini aku mau ngebahas kerajinan tangan dari limbah plastik gelas.

Gimana tuh gimana? Penasaran bukan ya, meskipun kerajinan tsngan dari limbah plastik sudah tidak awam lagi ditelinga kita apa salahnya kita membahas nya kembali baik untuk menambah wawasan atau sekedar pengingat ketika lupa, langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

Tirai Pintu atau Jendela Bentuk Bunga

Kerajinan tangan dari Limbah plastik

Untuk pembukanya kita bahas yang sederhana dulu. By the way nih guy, kerajinan tsngan dari limbah plastik berwujud tirai ini rekomended banget buat kalian yang punya ponakan, baby, atau guru kesenian guru tk dan sejenisnya, soalnya tirai ini bisa di aplikasikan secara langsung di jendela rumah atau di jendela kelas, penasaran yuk simak penjelasan berikut ini:

Bahan dan Alat yang Perlu Disiapkan

Untuk memperlancar kreasi kita, pertama kali hal yang harus kita kukan adalah mepersiapkan bahan dan alatnya, apa saja? Berikut diantaranya:

  1. Gelas plastik bekas minuman kemasan
  2. Lem tembak
  3. Gunting atau cutter

Langkah-Langkah Pembuatan

Setelah bahan dan alat disiaplan selanjutnya kita lanjutkan ketahap berikutnya, langsung saja yuk

  1. Pertama, kalian bersihkan gelas plastik yang telah kalian siapkan tadi.
  2. Setelah itu, gunting dan pisahkan bagian bibir gelas (lingkaran keras dibagian atas gelas) dan badan gelas.
  3. Lakukan sebersih mungkin dan hati-hati jangan sampai merobek bagian badan gelas maupun mematahkan bibir gelas.
  4. Selanjutnya kalian tepikan dulu bagian bibir gelas.
  5. Lalu, potong secara vertikal sampi menjadi delapan ruas tapi jangan sampai kebelah ya.
  6. Jangan sampai ke bagian alasnya.
  7. Setelah itu, lipat bagian gelas yang telah dipotong tadi dan potong segitiga, sampai berbentuk runcing seperti kelopak bunga
  8. Setelah itu, ambil satu bibir gelas yang telah kalian potong tadi, kalau masih dirasa rungcing atau kasar dibagian bekas potongannya tadi, kalian bisa bakar sebentar bagian tersebit untuk menghilangkan sisi yang tajam.
  9. Kembali pada pembahasan poit sebelumnya ya, ambil satu bibir gelas yang sudah rapi, kemudian rangkai dengan keopak bunga ala-ala yang telah kita buat dengan lem.
  10. Sederhanya, lingkarkan satu persatu ruas pada lingkaran bibir gelas.
    Terakhir, rangkai sampai beberapa bunga dan tirai bisa deh digunakan di jendela atau pintu kalian.

Tas Menarik Dari Gelas Plastik

Kerajinan tangan dari Limbah plastik

Kerajinan tangan dsri limbah plastik selanjutnya kita akan membahas tentang cara membuat tas dari gelas plastik, lumayan bukan. Buat belanja di pasar, yuks simak dengan seksama.

Bahan dan Alat yang Perlu Disiapkan

  1. Kurang lebih 50 buah gelas lplastik minuman kemasan dengan ukuran yang sama.
  2. Korek api dan lilin
  3. Gunting
  4. Tali atau benang
  5. Pita jika perlu

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama-tama kalian perlu mebersihkan gelas plastik yang akan kalian gunakan dengan bersih, kemudian keringkan.
  2. Lalu kalian pisahkan bagian badan gelas dengan bibir gelas, rapikan ya jangan sampai ada plastik yang tersisa, baik plastik penutupnya ataupun badan gelas.
  3. Setelah semua selesai terpotong, kalian bisa rangkai bibr gelas menjadi saru rangkaian.
  4. Dengan cara, di sangkut pautkan satu sama lain atau dijalin dengan menggunakan benang atau tali.
  5. Nah, trik nih kalau tali yang kalain potong terlihat rapi kalian bisa bakar tali yersebut menggunakan lilin yang sudah nyaala atau langsung ke korek apinya.
  6. Atur sedemunian rupa sampai membentunh satu lingkaran oval dari jalinan bibir gelas.
  7. Lakukan pada lapisan kedua, jangan lupa lilitkan benang untuk merekatkan.
  8. Setelah itu, kalian bisa lilit dengan pita atau tali setiap jalinan bibir gelas guna mempercantik tas pun untuk menjaganya supaya tidak mudah menggores tangan karela lermukaannya sedikit tajam
  9. Lalu pasangkan tali tas yang telah kalian beli di toko atau kalian rajit sendiri sebelumnya.
  10. Dan tas bisa digunakan… yuhu

Kerajinan Tangan dari Limbah Plastik

Kerajinan tangan dari Limbah plastik

Nah, kerajinan tangan dari limbah selajutnya enggak jauh-jauh nih, dari pembahasan sebekumnya yang menggunakan bibit gelas sebagai bahan utamanya. Yuk simak oenjelasan berikut ini:

Alat dan Bahan yang Harus Disiapkan

  1. Plastik Gelas minuman kemasan dengan ukuran yang Sama
  2. Gunting dan Cutter
  3. Lem tembak
  4. Cat dengan warna sesuai selera

Langkah-Langkah Pembuatan

Setelah semua bahan dan alat terkumpul saatnya kita eksekusi, cuss..

  1. Pertama kalian cuci dulu gelas plastik kemasannya sampai bersih lalu keringkan.
  2. Kemudian, gubting atau potong bagian bibir gelasnya dan pisahkan dari badan gelas.
  3. Hati-hati jangan sampai pecah
  4. Jika ada bagian yang kasar atau tajam kalian bisa bakar sebentar bagian tersebut untuk menghilangkannya.
  5. Setelah itu, kalian susun bibir gelas membenruk garis lurus sesuai dengan besar keranjang yang kalian inginkan
  6. Selanjutnya, kalian lem setiap bagian pertemuan bibir gelas supaya menyatu.
  7. Lakukan berulang sampai membentuk pesegi panjang sebagai alas keranjang.
  8. Buat lagi dua baris dari bibir gelas dengan panjang yang sama, lalu tempelkan dibagian samping sebagai badan keranjang.
  9. Setelah itu, kalian susun lagi bibir gelas dengan susunan yang agak renggang dan tempelkan dibagian atas nya sebagai tempat gelas atau minuman kemasan yang akan disajikan.
  10. Buatlah juga oegangannya sesuai kreasi kalian bisa menggunakan apapun
  11. Dan untuk finishingnya kalian bisa cat keranjang dengan warna sekreatif mungkin
  12. Selamat mencoba

Manpan Buah

Kerajinan tangan dari Limbah plastik

Manpan buah ininrekomended banget buat kalian yang suka makan buah karena nampan ini fleksibel dan cantik jika dipajang dimeja makan, gimana pembuatannya langsung saja, simak penjelasan berikut ini:

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Gelas plastik bekas minuman kemasan
  2. Gunting atau cutter
  3. Lem tembak
  4. Tali atau benang
  5. Cat jika perlu

Langkah-Langkah Pembuatan

Setelah semua bahan dan alat yang akan digunakan terumpul maka saatnya kita berkreasi πŸ‘‰

  1. Cuci Gelas plastik bekas dengan bersih dan tunggu sampai kering.
  2. Lalu pisahkan bagian bibir gelas dengan badan gelas menggunakan cuter atau gunting
  3. Bersihkan jangan sampai ada sisa plastik apapun yang menempel
    Setelah semua gelas terpisah dari badannyaπŸ˜†
  4. Atau tersisa bibirnya saja, saatnya kalain susun menjadi sebuah lingkaran yang berisi beberapa bibir gelas
  5. Bukan hanya lingkaran ditepinya saja ya, didalamnya juga kalian isi.
  6. Setelah itu tali menggunakan benag atau tapi untuk merangkainya satu per satu.
  7. Terakhir kalian bisa cat nsmpan buah sesuai selera kalian
  8. Selamat mencoba

Gantungan Kunci atau dream chatcher

Penangkap mimpi atau dream chatcher tentu tidak asing lagi bukan, kalian sering nonton drama korea atau drama china dan senenisnya pasti sering dah tu ketemu sama yang namanya berangan-angan, yang dipercaya mampu menangkal mimpi buruk 😊.
Penasaran cara membuatnya, simak yuk πŸ‘‡πŸ‘‡

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. Gelas bekas
  2. Benang
  3. Tali dari benang wall dan sejenisnya sedikit saja untuk gantungannya.
  4. Besi untuk gantungan kunci
  5. Gunting
  6. Pita
  7. Manik-manik kecil dan besar
  8. Lem tembak

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama, kalian harus menyiaokan seluruh bahan dan alat yang sudah dilist tadi.
  2. Setelah itu, cuci bersih gelas yang akan kalian gunakan dan tunggu sampai kering.
  3. Setelah itu, pisahkan bibir gelas dengan badan gelas serapi mungkin jangan sampai pecah dan jangan juga ada plastik yang tersisa.
  4. Kemudian, kalian lapisi bangian bibir gelas dengan menggunakan pita, dan rekatkan dengan menggunakan lem tembak.
  5. Setelah selesai, kalian ambil benang dan tapi di salah satu sisinya, dan kreasikan sekreatid mungkin sampai membetuk pola sejenis jaring laba-laba
  6. Jika sudah selesai, kalian rakit manik maniknya sekreatif kalian, dengan panjang sesuai selera.
  7. Buatlah bebepa 3 atau 5 usahakan ganjil ya biar cantik aja 😳
  8. Lalu, hantungkan dibagian bawah, samping penangkap mimpi yang telah kalian bentuk tadi.
  9. Terakhir nih, pasangkan tapi dan talikan pendek saja untuk tempat cantolan besi gantungan kunci.
  10. Selamat mencoba..

Gantungan Hijab

Recomended banget nih, buat kalian yang merasa lemarinya penuh dan bingung karena masih bunya hijab yang belum masuk dilemari, semoga ini bisa menjadi solusi, lets check..

Alat dan Bagan yang Diperlukan

  1. Gantungan baju
  2. Beberapa Gelas Plastik bekas
  3. Pita
  4. Lakban

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama kalian siapkan dulu bahan dan alat yang dilerlukan.
  2. Jangan lupa cuci gelas bekas yang akan kalian gunakan
  3. Setelah itu, potong bibir gelas bekas dari bagian badannya, usahana semua plastik yang ada hilang ya guys..
  4. Setelah itu, gunting bibir gelas sampai bisa kebika, untuk bisa masuk kedalam hangernya.
  5. Setelah itu, bibir botol tadi kalian lakban erat-etar dan pastikan tidak mudah terlepas.
  6. Selanjutnya, lapisi dengan pita untuk menutupi seluruh permukaan bibir gelas lalu tapi atau lem untuk memerkuat eksistensi pita di badan bibir gelas.
  7. Pasangkan beberapa hantungan hijab bisa deh digunakan.
  8. Caranya simpel, cukup lipat secara memancang hijab jalian lalu masukan kedalam ring dari bibir gelas tadi
  9. Semoga bermanfaat

Bunga Hias dari Limbah Plastik

Kerajinan tangan dari Limbah plastik

Nah siapa sangka klo gelas juga bisa dijadikan bunga hias, penasaran yuk langsung saja

Bahan dan Alat yang Perlu Disiapkan

  1. Gelas plastik bekas
  2. Gunting
  3. Lem
  4. Kayu atau ranting
  5. Vas bunga
  6. Replika daun
  7. Replika putik bunga

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama cuci bersih gelas bekas yang akan kalian gunakan, jangan lupa tunggu sampai kering.
  2. Setelah itu, pisahkan bagian bibir gelas dengan badan gelas. Kali ini badannya ya yang digunakan.
  3. Setelah itu potong menjadi lima ruas secara vertikal bagian badan gelas, jangan sampai bagian bawahnya
  4. Bentuk masing masing ruas menjadi kelopak bunga lalu kalian tekuk tekuk usahakan sampai bisa terbuka.
  5. Berikan lubang oada nagian tengan replika bunga tadi.
  6. Lalu pasangkan kayu atau ranting sebagai tempat bunga, jangan lupa pasangkan replika putiknya juga.
  7. Bunga bisa kalian cat terlebih dahulu untuk mempercantik.
  8. Pasangkan juga replika daunnya ya..
    Dan terakhir kalian bisa susun bunha di vas yang sudak kalian siapkan tadi

Note: Btw, bentuk bunga itu bunga yang paling sederhana ya, kalian bisa juga menggunakan teknik membentuk bunga ala tirai tadi atau yang lainnya sekreatif mungkin

Nah, hanya itu yang bisa saya sampaikan ke kalian, semoga tutorial kerajinan tangan dari limbah plastik gelas air mineral kemasan ala indobag ini bisa berguna dan bermanfaat. Sebenarnya jika kita membahas kerajinan dari gelas plastik lainnya tentu tidak akan terbatas jumlahnya karena kreativitas manusia pun tidak terbatas.

So, kembangkan terus kreativitas kalian dan jika ada kesalahan saya mohon maaf dengan seikhlas-ikhlasnya..

See you soon

Wassalamualaikum wr. wb

Beberapa bonus foto kerajinan tangan dari limbah plastik gelas yang lain..πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡