Assalamualaikum bager, bagaimana kabarnnya hari ini? Seperti biasa kami disini ingin sedikit memperkenalkan kalian tentang hal-hal berbau tas dan dompet. kali ini kami akan memperkenalkan kalian tas dan dompet berbahan PU Leather, Selain memperkenalkan kami  juga memberikan bagaimana cara membuat tas dan dompet dari bahan PU Leather, bisa berhemat dong guys….

Kalo sudah tau dan sudah punya tas dari Pu Leather kalian tau cara merawatnya? nih, jangan risau, khawatir dan bersedih hati, kami akan bagi tipsnya. Tapi sebelum semua itu dibahas yuk kenalan dulu dengan bahan PU Leather.

Apasih Leather PU itu?

Bagi para pecinta tas atau dompet kulit pasti kenal dong dengan PU Leather. PU Leather Merupakan bahan sintetis yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai kulit. Meskipun dari bahan sintetis PU leather atau polyutherane leather juga terdiri dari kombinasi kulit asli kualitas rendah dan lapisan polyutherane yang dipress atau ditimbulkan ke permukaan.

Karakteristik khusus yang dimiliki PU Leather dapat dibedakan dengan kulit sintetis lainnya. Seperti, aroma dari PU Leather sangat kuat dibandingkan dengan bahan sintetis lainnya termasuk bahan kulit asli, selain itu Pu leather juga memiliki tekstur yang lebih lembut.

PU Leather bukan menjadi bahan kulit sintetis pertama loh, sebelum munculnya PU Leather ada bahan kulit sintetis lain yang memiliki tekstur kaku dan rapuh, bahan tersebut biasa disebut PVC Leather yang terbuat dari beberapa kombinasi bahas seperti katun dan kanvas.

Selain lebih murah dari bahan kuli asli, PU Leather juga termasuk dalam salah satu bahan dengan perawatan yang gampang dan tidak mudah kusam dan rapuh,  Kalian hanya perlu membersihkan debu atau mencucinya jika kotor.

Cara Membedakan PU Leather dengan yang Lain

Kalian masih bingung, bagaimana cara membedakan bahan PU leather dengan Leather yang lain. Yah, meskipun sudah dijelaskan apa pengertian PU Leather sebelumya. tapi gak apa apa masih wajar kok kalau bingung, kalau tidak ada perbandingannya. Nih, jangan terlalu banyak berfikir simak penjelasan berikut ini:

PU Leather dengan Kulit Asli (Geunine Leather)

Perbedaan Jenis-Jenis kulit asli

Kulit asli dan PU leather memiliki berbagai macam perbedaan. kalian bisa menyimpulkan sendiri dengan ciri-ciri kulit asli yang akan dipaparkan dibawah ini:

 

  1. Kulit Anilin, Kulit ini menampakkan tekstur asli seperti pada umumnya kulit, mudah tergores dan menyerap cairan. warnanyaoun akan pudar dari waktu ke waktu.
  2. Kulit Semi Anilin, terdapat lapisan tipis dibagian terluar, sehingga tidak mudah menyerap cairan dan lebih awet.
  3. Kulit Terpigmentasi (pigmented leather), biasa dugunakan sebagai pelapis barang furnitur dan otomotif, bahan ini lebih awet dari pada semi anilin karena mudah dirawat serta memiliki daya tahan yang baik terhadap noda, pemakaian, sehingga tidak gampang pudar. Namun, dari segi penampakannya kurang menyerupai kulit asli karena mengkilap.

PU Leather dengan Polyvinyl Chloride (PVC)

Tas Pu leather

Selanjutnya, kita akan menjelaskan nih apa saja yang membedakan PU leather dengan PVC leather. Meskipun mereka sama-sama bahan kulit sintetis tapi mereka memiliki beberapa perbedaan, seperti:

 

  • Lapisan Dasar, PU Leather terdiri dari dua lapisan: split leather dan polyurethane. Split leather adalah lapisan kulit asli yang dipisahkan dari lapisan terluarnya. Nah, Kulit aslinya disini  akan diproses samak atau penipisan, baru kemudian sisa kulit bagian dalam digunakan sebagai bahan baku pembuatan kulit sintetis.
  • Lapisan Dasar, PVC Leather berupa kain, baik kain katun atau kanvas. Setelah lapisan dasar, terdapat lapisan expanded, lapisan kulit, barulah lapisan PVC.
  • Lapisan PU Leather sedikit sedangkan Lapisan PVC Leather Lebih Banyak.
  • PU Leather Lebih Fleksible sedangkan PVC Leather Lebih kaku.
  • PU Leather lebih kusut dan mirip kulit asli sedangkan PVC Leather tidak.
  • Dari segi Pori-Pori bahan PU Leather lebih lunggar segingga mudah menyerap noda sedangkan PU leather cinderung sempit.

Trik Membuat Tas dari PU Leather

Bahan dan Alat

Sebelum kita membuat tas PU Leather yang simple kita siapkan dulu bahan dan alatnya, sebagai berikut:

  1. Siapkan Bahan PU Leather secukupnya.
  2. Jarum dan Benang (agar lebih rapi dan kuat sebaiknya menggunakan mesin jahit)
  3. Resleting Jika membutuhkan.
  4. kancing baju atau magnet
  5. manik-manik jika diperlukan
  6. Besi pengatit tas dan rantai tas

Cara Pembuatan Tas PU Leather

Tas PU Leather

Sebelum membahas tentang cara pembuatan tas, disini kami akan menjelaskan jika tas yang akan kami buat berjenis tas selempang, terimakasih

  1. Potong bahan PU Leather menjadi 4 bagian
  2. Bagian pertama dan kedua memiliki ukuran yang sama, digunakan sebagai bagian depan dan belakang tas (ukuran sesuai selera)
  3. Bagian ketiga, digunakan sebagai area sampin dan bawah tas, dengan ukuran panjang sesuai dengan lebar+tinggi potongan bagian pertama dan kedua.
  4. sedangan lebar potongan ketiga bisa disuaikan dengan selera dan kebutuhan.
  5. Dan bagian keempat, merupakan bagian penutup tas (sesuai selera). Ukuran pada potongan keempat merupakan gabungan dari lebar dan tinggi potongan pertama+Lebar pada Potongan ketiga+ 3 cm.
  6. Usahakan Bagian Keempat tadi mampu menutupi tas dengan keseluruan dan rapi.
  7. Sisakan 2 potongan kecil PU Leather secukupnya senagai pengait besi tas dengan tas.
  8. Setelah semua bahan terpotong, rangkai satu persatu bagian tersebut sehingga membentuk tas.
  9. Setelah terbentuk tas, jahit potongan kecil yang disisakan tadi degan besi pengait yang sudah ada didalamnya dibagian samping tas.
  10. Kemudian pasangkan manik-manik atau magnet dibagian depan tas dan di penutup tas.
  11. Dengan tujuan supaya penutup yang digunakan bisa melekat pada bagian tas.
  12. Pasangkan rantai pada pengait tas dan tas bisa digunakan.

Cara Membuat Dompet Tipis dari Bahan PU Leather

Tas PU Leather

  1. Siapkan bahan dan alat terlebih dahulu (sama seperti bahan dan alat tas, akan tetapi tanpa rantai dan pengait tas)
  2. Potong bahan PU Leather menjadi 2 bagian saja.
  3. Bagian Pertama, berukuran lebar sesuai selera.
  4. Dengan catatan, ukuran tersebut merupakan 2 kali ukuran dompet.
  5. Sehingga ketika potongan pertama dilipat menjadi dua, ia berukuran menjadi dompet secara semestinya.
  6. Potongan kedua kita potong menjadi bentuk persegi panjang kecil dengan ujung benbentuk segitiga, panjang sekitar 5 cm dan lebar 3 cm saja.
  7. Baru kemudian, tekuk bahan pertama tepat ditengah.
  8. Kemudian jahit dengan rapi sisi kiti dan kanan.
  9. Sisakan 3 Cm bagian sisi kanan dan sisi kiti untuk tidak dijahit.
  10. Selanjutnya, ambil resleting dan pasangkan resleting tersebut, diusahakan hati-hati supaya nanti hasilnya rapu ya guys.
  11. Kemudian pasangkan Magnet di tengah sisi yang akan digunakan diagian depan.
  12. Jika tidak menggunakan magnet bisa menggunakan kancing baju dengan ukuran besar dengan bentuk sesuai selera.
  13. Setelah selesai, Ambil potongan kedua lalu jahit tepiannya.
  14. Selanjutnya, diujung potongan kedua tadi pasangkan magnet (disisi dalam, yang tidak terlihat juka nanti sudah digunakan)
  15. Atau, kalian bisa sobek beberapa cm, untuk memasukan kancing baju. Setelah disobek jangan lupa kita jahit tepiannya supaya tidak gampang melebar, lower atau apalah itu wkwkwkwk 😉
  16. Setelah itu, pasangkan bahan bagian kedua pada bagaian pertama.
  17. Usahakan rapi dan pas pada mahnet atau kancing baju yang dipasang tadi yaa..
  18. taraa…, Dompet bisa digunakan..

Tips Mudah Merawat Tas dan Dompet dari Bahan PU Leather

PU leather

Tas apapun jika tak pernah dipakai akan mengalami perubahan (makin jelek), contoh membersihkan tas pun tak senonoh menggunakan minyak sebarangan. namun ada juga caranya.

Lantas bagaimana cara kita merawat tas? Berikut ini kits simak tutorial bagaimana cara merawat ataupun membersihkan tas;

Seperti yang dibahas tadi, bahan PU Leather cukup mudah untuk dibersihkan dan dirawat. berikut caranya. Check This Out

  1. Hindari dari bahan-bahan yang berminyak, untuk mencegah pertumbuhan jamur
  2. Hindarkan dari paparan sinar matahari terlalu sering.
  3. Oleskan juga produk leather care pada tas dari bahan PU leather ketika hendak disimpan.
  4. Tambahan sekaligus peringatan wkwkwk“, kalau mau menyimpan tas jangaan diletakkan ditempat sembarangan ya, banyak hewan yang mengincar. Mungkin bisa juga menyimpannya, namun dibungkus dengan plastik yang tak tembus oleh debu maupun serangga.

Sudah puas belum dengan penjelasan mengenai PU leather. klo belum ouas kalian bisa datang dan tanyakan sendiri pada penjual bahan hahahahaha… beliau pasti lebih tau dan lebih jago. karena meskipun bapaknya jago tapi bapaknya sibuk melayani pembeli lain bagaimana?Belum lagi kalau kita segan dengan beliau.

Alternatifnya baca dulu tulisan kami dengan cermat dan seksama wkwkwk. Semoga bermanfaat, apabila kami ada kesalahan kami mohon maaf yang seikhlas-ikhlasnya. Anggaplah wajar karna kami manusia (bercanda) 🙂

Ingat “Usaha Tidak akan Pernah Menghianati Hasil”

Sampai jumpa lagi dan Selamat mencoba

Good Luck Reader!!!